Cara Ganti DNS Server di PC/Laptop Semua Versi Windows (11/10)

Foto oleh U. Storsberg dari Unsplash

DNS (Domain Name System) Server adalah komponen penting dalam infrastruktur internet yang bertanggung jawab untuk menerjemahkan nama domain (seperti www.google.com) ke alamat IP (Internet Protocol) yang digunakan oleh komputer untuk mengidentifikasi dan berkomunikasi satu sama lain di jaringan internet.

Fungsi utama DNS Server adalah sebagai berikut:

1. Resolusi Nama: Ketika Anda memasukkan nama domain dalam peramban web Anda (seperti www.example.com), DNS Server bekerja untuk mencari alamat IP yang sesuai dengan nama domain tersebut. Proses ini disebut "resolusi nama."

2. Pemetaan Nama ke IP: DNS Server mengambil nama domain yang Anda masukkan dan mencari catatan DNS yang sesuai dalam database DNS yang besar. Catatan ini mengaitkan nama domain dengan alamat IP yang sesuai.

3. Routing dan Pengiriman: Setelah DNS Server berhasil menerjemahkan nama domain ke alamat IP, informasi tersebut digunakan oleh jaringan internet untuk mengarahkan permintaan Anda ke server yang sesuai. Ini memungkinkan peramban web Anda untuk menghubungi server web yang diinginkan dan mengunduh halaman web yang diminta.

4. Pembaruan dan Caching: DNS Server juga bertanggung jawab untuk menyimpan catatan DNS dalam cache untuk mengoptimalkan kinerja dan mengurangi beban jaringan. Cache ini membantu mempercepat proses resolusi nama untuk situs web yang sering dikunjungi, karena tidak perlu mencari alamat IP yang sama berulang kali.

5. Penyedia Layanan DNS Publik: Ada penyedia layanan DNS publik yang memungkinkan individu dan organisasi untuk menggunakan server DNS mereka secara gratis atau dengan biaya tertentu. Beberapa contoh penyedia DNS publik yang terkenal termasuk Google DNS (8.8.8.8 dan 8.8.4.4) dan OpenDNS.

DNS Server adalah elemen kunci dalam menjaga kerja internet yang lancar dan memastikan bahwa pengguna dapat mengakses situs web dan layanan online dengan menggunakan nama domain yang mudah diingat, alih-alih harus menghafal alamat IP yang panjang dan kompleks.

Berikut ini cara mengganti DNS pada PC/laptop Windows 10 (juga Windows 7 dan Windows 8).

1. Cari Control Panel melalui menu Start kemudian jalankan programnya.

2. Pilih View network status and tasks.

3. Klik jaringan internet yang sedang terhubung.

4. Klik Properties.

5. Pilih Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4) lalu klik Properties.

6. Klik Use the following DNS server addresses, masukkan DNS-nya, lalu OK.

Saya sendiri lebih memilih DNS 1.1.1.1 karena lebih cepat, lebih aman, dan memungkinkan untuk membuka situs yang diblokir, seperti Reddit.

7. Selanjutnya, Restart perangkat.

Sekarang DNS baru sudah bisa langsung dipakai. 

Next Post Previous Post