14 Oktober Hari apa, Berikut Penjelasan Lengkapnya

(Foto oleh Towfiqu barbhuiya dari Unsplash)

Hari memperingati adalah hari yang ditetapkan untuk mengenang atau merayakan peristiwa atau peringatan penting dalam sejarah, budaya, atau agama.

Tujuan dari hari memperingati dapat bervariasi, termasuk mengenang peristiwa bersejarah, menghormati tokoh-tokoh penting, atau meningkatkan kesadaran akan isu-isu sosial atau kemanusiaan tertentu.

Hari-hari memperingati ini memberikan kesempatan bagi individu dan masyarakat untuk merenung, merayakan, atau berpartisipasi dalam kegiatan yang sesuai dengan tujuan hari tersebut.

Mereka juga seringkali dijadikan kesempatan untuk meningkatkan kesadaran akan isu-isu penting dan mempromosikan nilai-nilai positif dalam masyarakat.

14 Oktober Hari apa, Berikut Penjelasan Lengkapnya

(Foto oleh Monica Sauro dari Unsplash)


Hari Standar Sedunia
Setiap tanggal 14 Oktober, Hari Standar Sedunia diperingati untuk meningkatkan kesadaran tentang perlunya standarisasi produk secara global bagi perekonomian dunia. Hari ini dipersembahkan oleh para anggota International Electrotechnical Commission (IEC), International Telecommunication Union (ITU), dan International Standards Organization (ISO).

Dilansir dari laman resmi ISO, lembaga-lembaga tersebut memberikan penghormatan terhadap perjuangan ribuan ahli di seluruh dunia dalam merumuskan perjanjian teknis sukarela. Perjanjian itu diterbitkan sebagai Standar Internasional.

Mengutip National Today, pembentukan Hari Standar Sedunia ini berawal dari pertemuan tahun 1946 yang melahirkan organisasi internasional untuk standarisasi seperti IEC, ISO, ITU, dan lainnya. Perayaan hari ini melibatkan para ahli dan sukarelawan dari seluruh dunia untuk menarik perhatian masyarakat akan pentingnya standar tertulis pada produk terhadap ekonomi global.

Di Amerika Serikat sendiri Hari Standar Sedunia dirayakan oleh komunitas standarisasi di Washington yang mengadakan pameran, pertemuan, serta jamuan makan malam. Di beberapa negara lainnya hari ini dimeriahkan dengan seminar, konferensi pendidikan, dan kompetisi setiap tahunnya.

Adapun langkah-langkah untuk mendapatkan standar internasional menurut ISO dimulai dari pengembangan draf atau proposal yang diajukan ditinjau apakah sudah memenuhi kebutuhan pasar. Setelahnya, para anggota organisasi berunding dan memberikan suara terhadap proposal itu. Proses itu biasanya memakan waktu hingga tiga tahun.

Hari "I Love You" Sedunia

(Foto oleh Oziel G√≥mez dari Unsplash)

Hari "I Love You" Sedunia jatuh pada tanggal 14 Oktober yang dirayakan di Amerika Serikat. Hari ini tidak hanya diperuntukkan untuk pasangan, melainkan keluarga dan teman yang sangat disayangi.

Melansir National Today, penetapan hari ini bermula karena promosi sebuah film romantis pada tanggal 14 Oktober 2015. Sutradara film drama romantis asal Filipina kemudian mengunggah tagar #EverydayILoveYou yang menjadi trending di negara tersebut.

Tagar yang diluncurkan di Twitter itu mendapatkan dukungan yang luas sehingga melahirkan tagar lain yakni #NATIONALILOVEYOUDAY. Tagar ini seketika menjadi tren teratas di Twitter Filipina.

Meski film tersebut tidak mendapatkan ketenaran di Amerika Serikat, tagar #NATIONALILOVEYOUDAY meroket popularitasnya di negeri Paman Sam tersebut. Tweet dengan tagar itu tersebar di 62 negara dan menjangkau total tiga juta orang dengan kata sederhana yaitu "I Love You".

detikers bisa merayakan hari ini dengan menyampaikan rasa cinta dan terimakasih kepada orang tersayang. Habiskan pula waktu bersama orang-orang tersebut dengan pergi jalan-jalan atau berlibur.

Hari Musik Universal

(Foto oleh Wes Hicks dari Unsplash)

Hari Musik Universal diperingati setiap hari Sabtu kedua di bulan Oktober. Tahun 2023 ini, hari itu jatuh pada tanggal 14 Oktober.

Dikutip dari National Day Calender, Hari Musik Universal ditemukan pertama kali pada tahun 2007. Hari ini ditemukan oleh seorang pembicara profesional bernama Susan Patricia Golden.

Dirinya percaya bahwa membuat musik menciptakan kesejahteraan. Ekspresi kreatif dari musik menurutnya merupakan hadiah terbesar yang bisa diberikan kepada diri sendiri.

Susan menciptakan hari ini agar seluruh dunia dapat bermusik bersama untuk menciptakan perdamaian dan keharmonisan. Oleh karena itu, jadikanlah Sabtu kedua di bulan Oktober ini untuk berkumpul mengapresiasi dan menikmati musik.

Hari Musik Universal bisa dirayakan dengan menghadiri konser-konser lokal dan bermain alat musik. Selain itu, rencanakanlah malam karaoke bersama teman untuk bersenang-senang.

Hari Hospis dan Perawatan Paliatif Sedunia

Tanggal 14 Oktober juga diperingati sebagai Hari Hospis dan Perawatan paliatif Sedunia. Peringatan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup orang-orang yang terkena masalah kesehatan serius.

Hari ini menyoroti hak-hak orang dengan Life Limiting Illness (LLI) atau pengidap penyakit ganas yang dapat diperkirakan menyebabkan kematiannya. Di hari-hari terakhirnya, mereka memiliki hak untuk merasa nyaman dengan cara dirawat sesuai kebutuhannya.

Model perawatan bagi pasien yang diperkirakan akan meninggal itu disebut dengan perawatan hospis. Pada abad ke-19, perawatan hospis mulai berkembang dan menarik perhatian karena aksi sukarelawan wanita yang melayani orang sakit dari berbagai negara.

Next Post Previous Post