Sempat Ditutup Pemerintah, TikTok Shop Siap Beroperasi Kembali Kolaborasi dengan E-commerce Lokal

(Foto oleh Solen Feyissa on Unsplash)

Kabar baik bagi Anda yang hobi berbelanja lewat TikTok Shop, platform belanja dalam aplikasi sosial media tersebut akan kembali beroperasi.Meskipun sempat berhenti beroperasi karena ditutup oleh Pemerintah, TikTok Shop akan kembali dengan berbagai peningkatan dan kejutan menarik berkolaborasi dengan e-commerce lokal.Pemerintah Indonesia, melalui Kementerian Koperasi, 

Usaha Kecil, dan Menengah (KemenKop UKM), memberikan tanggapannya terkait kabar kembalinya TikTok Shop di Indonesia. 

“Nanti ada bocorannya. Ada beberapa versi sudah saya dengar, tapi saya belum berani ngomong. Tapi kemungkinan dia akan bergabung dengan (e-commerce lokal), kemungkinan ya karena kalau dari bikin PT sendiri sepertinya tidak,” ujar Asisten Deputi Pembiayaan dan Investasi UKM, Deputi Bidang UKM Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UKM), Temmy Satya Permana, pada Diskusi Media UMKM Naik Kelas Menuju Indonesia Emas, dikutip dari ANTARA, Selasa 21 November 2023.

Temmy Satya Permana mengonfirmasi bahwa TikTok Shop akan dibuka kembali di Indonesia dan akan mematuhi regulasi yang berlaku di negara ini.

Selain itu, Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki, menyatakan bahwa TikTok telah melakukan pembicaraan dengan 5 e-commerce di Indonesia untuk menjalin kemitraan dalam bisnis e-commerce.

Beberapa dari e-commerce yang telah dihubungi, antara lain Tokopedia, Bukalapak, dan Blibli.

Setelah masa nonaktif, TikTok Shop berharap memberikan pengalaman yang lebih menarik bagi pengguna TikTok.

Meski demikian, mereka menekankan bahwa segala skema yang diterapkan oleh TikTok harus sesuai dengan regulasi yang ditetapkan oleh Indonesia.

Saat ini, belum ada tanggal pasti kapan TikTok Shop akan kembali sepenuhnya. Namun, diharapkan kehadiran kembali TikTok Shop akan memperkaya pengalaman belanja online pengguna TikTok.

Bagi penggemar aplikasi ini, penting untuk terus memantau pembaruan dari TikTok agar tidak melewatkan informasi terkait kembalinya TikTok Shop yang begitu dinantikan.

Sumber : Sinar Harapan

Next Post Previous Post