100+ Lowongan Kerja dari Kemnaker, Cocok untuk Lulusan SMA/SMK, D3/D4 ataupun Fresh Graduate

(Foto halaman website dari Kementerian Ketenagakerjaan RI)

Kemnaker adalah singkatan dari Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia. Kementerian ini bertanggung jawab atas perumusan dan pelaksanaan kebijakan di bidang ketenagakerjaan, termasuk penempatan tenaga kerja, pengawasan ketenagakerjaan, pengupahan, dan perlindungan tenaga kerja.

Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia memiliki berbagai unit kerja, termasuk Sekretariat Jenderal, yang terdiri dari berbagai biro dan pusat pengembangan sumber daya manusia ketenagakerjaan. Kementerian ini juga memiliki tugas dalam melindungi pekerja migran Indonesia dan meningkatkan kesejahteraan tenaga kerja di Indonesia.

Apa saja layanan yang disediakan oleh kemnaker?

Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia (Kemnaker) menyediakan berbagai layanan, antara lain:

1. Layanan Pengaduan: Layanan yang disediakan oleh Kemnaker untuk menerima segala jenis pengaduan baik dari masyarakat, perusahaan, ataupun kelembagaan yang berkaitan dengan layanan Kementerian Ketenagakerjaan RI.

2. Layanan Info Kerja: Layanan yang ditujukan untuk memberikan informasi lowongan pekerjaan bagi para pencari kerja.

3. Layanan Pelatihan: Layanan yang memberikan informasi mengenai aktivitas-aktivitas pelatihan yang disediakan baik oleh Kemnaker maupun oleh lembaga pelatihan kerja.

4. Layanan Pemagangan: Layanan yang berfungsi dalam menyediakan informasi yang berkaitan dengan aktivitas pemagangan.

5. Layanan Izin TKA: Layanan yang disediakan untuk Tenaga Kerja Asing untuk mengurus proses perizinan kerja di Republik Indonesia.

6. Layanan WLKP: Layanan Wajib Lapor Perusahaan yang disediakan untuk memberikan informasi data perusahaan dan tenaga kerja.

7. Layanan Kelembagaan: Layanan yang menyediakan informasi kelembagaan di setiap daerah di Indonesia.

8. Layanan Sertifikasi: Layanan yang mengatur proses sertifikasi untuk ketenagakerjaan.

9. Layanan SKKNI: Layanan yang memfasilitasi dalam proses pengajuan dan pengesahan standar kompetensi yang dibutuhkan.

10. Layanan Akreditasi: Layanan yang bertujuan membantu dalam proses pengurusan akreditasi perusahaan atau kelembagaan di bidang ketenagakerjaan.

11. Layanan PP dan PKB: Layanan yang disediakan untuk pembuatan Perjanjian Penggunaan Tenaga Kerja dan Perjanjian Kerja Bersama.

12. Layanan Registrasi (Pendaftaran) Lembaga Pelatihan Kerja (LPK): Layanan yang meliputi pendaftaran dan verifikasi lembaga pelatihan kerja.

Selain itu, Kemnaker juga memiliki unit kerja seperti Sekretariat Jenderal, Biro Perencanaan dan Manajemen Kinerja, Biro Keuangan dan Barang Milik Negara, Biro Organisasi dan Sumber Daya Manusia Aparatur, Biro Hukum, Biro Umum, Biro Kerja Sama, Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Ketenagakerjaan, Pusat Pasar Kerja, dan Politeknik Ketenagakerjaan.

Bagaimana Mencari Pekerjaan di Situs Kemnaker?

1. Pertama, kunjungi website https://karirhub.kemnaker.go.id


2. Kemudian, silahkan buat akun dengan mengklik Signup / Daftar



3. Setelah itu isi data dengan lengkap dengan nomor ktp dll



4. Kemudian, setelah akun dibuat, anda bisa mencari lokasi pekerjaan yang tersedia, banyak perusahaan yang membuka lowongan kerja, tinggal anda Apply saja. 
Next Post Previous Post