Buruan Daftar! Anggaran PKH 2024 Naik 12,4 persen, Cara Daftar DTKS Agar Dapat Bansos Kemensos 2024

(Foto oleh Anggi Dharma Prasetya dari iStockphoto)

Bansos PKH (Program Keluarga Harapan) adalah program pemberian bantuan sosial bersyarat kepada keluarga miskin di Indonesia.

Program ini memberikan bantuan berupa uang non tunai kepada rumah tangga sangat miskin, dengan tujuan untuk meningkatkan akses dan pemanfaatan pelayanan sosial dasar seperti kesehatan, pendidikan, pangan, gizi, perawatan, dan pendampingan.

Besaran bantuan PKH bervariasi, tergantung pada kriteria penerima, seperti ibu hamil, anak usia dini, anak SD, anak SMP, anak SMA, lansia, dan disabilitas[3]. Untuk mendapatkan bansos PKH, langkah pertama adalah mengunjungi kantor kepala desa atau lurah di wilayah setempat. Program ini merupakan bentuk dukungan sosial yang diberikan kepada masyarakat miskin dan rentan miskin di Indonesia.

Cara Daftar DTKS Agar Dapat Bansos Kemensos 2024


Peningkatan Anggaran Perlindungan Sosial (Perlinsos) tahun 2024 sebesar 12,4% dari tahun sebelumnya membuka peluang bagi penambahan nominal bantuan sosial kepada masyarakat. Untuk dapat menerima bantuan sosial tersebut, Anda diwajibkan untuk mendaftar diri ke Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Perlinsos tahun 2023 sebesar Rp439,1 triliun telah mengalami peningkatan menjadi Rp493,5 triliun pada tahun 2024, seperti yang dikutip dari Antara pada tanggal 29 Agustus 2023.
Anggaran Program Keluarga Harapan (PKH) dan kartu sembako juga mengalami kenaikan sebesar Rp7,4 triliun, mencapai total Rp81,2 triliun. 
Dengan adanya peningkatan anggaran tersebut, terdapat dua kemungkinan yang akan terjadi di tahun 2024 mendatang. Pertama, terdapat peningkatan nominal bantuan sosial yang akan diterima setiap kategori penerima manfaat.
Kedua, terdapat penambahan jumlah Keluarga Penerima Manfaat (KPM).Jika terjadi penambahan jumlah KPM, ini memberikan kesempatan bagi masyarakat yang sebelumnya tidak mendapatkan bantuan sosial. Cara Daftar Bansos PKH 2024 Untuk dapat menerima bantuan sosial, Anda diwajibkan untuk mendaftar ke DTKS secara online.

Gunakan Aplikasi Cek Bansos Kemensos yang dapat diunduh melalui Play Store

Setelah mengunduh aplikasi tersebut, buka dan klik “Buat Akun Baru” untuk mendaftar. Isi data diri Anda dengan lengkap sesuai dengan yang diminta, seperti Nomor KK, NIK, nama lengkap sesuai KK dan KTP.
  • Cara Daftar Bansos PKH 2024 Untuk dapat menerima bantuan sosial, Anda diwajibkan untuk mendaftar ke DTKS secara online. Gunakan Aplikasi Cek Bansos Kemensos yang dapat diunduh melalui Play Store.
  • Setelah mengunduh aplikasi tersebut, buka dan klik “Buat Akun Baru” untuk mendaftar. Isi data diri Anda dengan lengkap sesuai dengan yang diminta, seperti Nomor KK, NIK, nama lengkap sesuai KK dan KTP.
  • Unggah foto KTP dan swafoto Anda sambil memegang KTP. Setelah memastikan data yang diisi benar, klik “Buat Akun Baru”. Selanjutnya, periksa email Anda untuk verifikasi dan aktivasi dari Kemensos. 
  • Setelah proses registrasi berhasil, kembali ke menu layanan di Aplikasi Cek Bansos Kemensos, lalu klik “Daftar Usulan”. Isi data diri Anda sesuai petunjuk yang tertera di kolom, dan pilih jenis bantuan sosial yang ingin Anda dapatkan.
  • Data pendaftaran Anda akan diverifikasi dan divalidasi oleh Kemensos. Dengan mendaftar dan mengikuti langkah-langkah tersebut, Anda dapat memiliki peluang untuk menerima bantuan sosial yang disediakan dalam Anggaran Perlindungan Sosial (Perlinsos) tahun 2024. 
Segera daftarkan diri Anda di DTKS agar dapat memperoleh bansos yang diberikan oleh pemerintah tahun 2024
Next Post Previous Post