Jadwal Terbaru Pengumuman Kelulusan PPPK Guru 2023 di undur, Ini Cara Cek Hasil Kelulusan

(Foto oleh ibnjaafar dari iStockphoto)

PPPK guru adalah singkatan dari Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja yang merujuk kepada guru yang diangkat oleh pemerintah sebagai ASN namun bukan PNS. Mereka memiliki status kepegawaian PPPK, yaitu Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja.

Berbeda dengan ASN yang merupakan PNS, PPPK guru diangkat berdasarkan perjanjian kerja untuk jangka waktu tertentu. Mereka memiliki hak dan kewajiban yang setara dengan PNS, namun tidak memiliki status kepegawaian PNS. Guru PPPK bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan dan profesionalisme guru yang belum menjadi PNS.

Mereka mendapatkan pengakuan secara resmi dari pemerintah sebagai tenaga pendidik yang memiliki status kepegawaian. Guru PPPK diangkat berdasarkan sistem seleksi ketat dan mengedepankan kualifikasi serta kompetensi. Salah satu keuntungan menjadi guru PPPK adalah kemungkinan untuk mengikuti pengembangan karier dan mendapatkan promosi berdasarkan kinerja.

Badan Kepegawaian Negara (BKN) telah memperbarui jadwal pengumuman kelulusan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Guru Tahun 2023. Hasil seleksi PPPK Guru 2023 bakal diumumkan pada 22 Desember 2023.
 
"Direncanakan akan diumumkan paling lambat tanggal 22 Desember 2023," kata Plt Kepala Biro Humas, Hukum, dan Kerja Sama BKN, Nanang Subandi dalam siaran persnya dikutip Selasa, 19 Desember 2023.
 
Pengumuman kelulusan PPPK secara umum diumumkan pada periode 6 sampai 15 Desember 2023. Namun, karena perlu konfirmasi dan klarifikasi terhadap beberapa elemen data pengumuman diundur. 

“Hal ini dikarenakan perlu dilakukan konfirmasi dan klarifikasi terhadap beberapa elemen data seperti hasil seleksi manajerial dan sosiokultural bagi peserta P1, hasil seleksi kompetensi teknis tambahan, serta afirmasi Sertifikat Pendidik (Serdik),” terang Nanang.
 
Sebelumnya 56 instansi dari 482 instansi yang mengikuti seleksi PPPK Teknis telah mengumumkan hasil kelulusan PPPK Tenaga Teknis 2023. Sedangkan untuk PPPK Tenaga Kesehatan telah diumumkan oleh 64 instansi dari 573 instansi yang mengikuti seleksi PPPK Tenaga Kesehatan.

Nanang mengingatkan untuk instansi yang sudah menerima hasil kelulusan segera mengumumkan kelulusan peserta. Bagi peserta PPPK dapat mengecek hasil kelulusan  melalui portal SSCASN.
 
“Bagi instansi yang telah menerima hasil kelulusan PPPK Tenaga Kesehatan dan PPPK Teknis dapat segera mengumumkan kelulusan para peserta seleksinya,” kata Nanang.

Cara Cek Pengumuman Kelulusan PPPK Guru 2023

  1. Kunjungi laman sscasn.bkn.go.id atau langsung kunjungi di link berikut
  2. Klik “Login” atau “Masuk” di pojok kanan atas
  3. Masuk menggunakan akun masing-masing
  4. Input Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan password, lalu klik “Masuk”
  5. Setelah berhasil login, resume pendaftaran beserta keterangan kelulusan PPPK Guru, Kesehatan dan Teknis 2023 ditampilkan.

Next Post Previous Post