Link Twibbon HUT Ke-43 Satpam 30 Desember 2023

(Foto oleh Rosendo Serrano Valera dari iStockphoto)

Satpam adalah singkatan dari Satuan Petugas Keamanan, yang merupakan petugas keamanan swakarsa yang dibentuk oleh Kepolisian Republik Indonesia (POLRI) untuk membantu dalam menjaga keamanan.

Mereka biasanya dilengkapi dengan pelatihan khusus dalam tugas pengamanan dan sering kali diberi lisensi oleh pemerintah setempat atau bekerja dengan perusahaan keamanan yang memiliki lisensi. Satpam bertanggung jawab dalam menjaga keamanan di berbagai lokasi, seperti perumahan, perkantoran, atau fasilitas umum, dan sering kali mengenakan seragam resmi untuk membedakan mereka dari petugas keamanan lainnya.

Tanggal 30 Desember diperingati sebagai Hari Ulang Tahun (HUT) Satpam atau Hari Satpam Nasional. Hari ini dalam rangka untuk memperingati jasa satpam dalam membantu pengamanan lingkungan dan wilayah Indonesia.
Peringatan Hari Satpam Nasional atau HUT Satpam setiap tanggal 30 Desember adalah berdasarkan diterbitkannya Surat Keputusan Kapolri No. Pol: SKEP/126/XII/1980 tentang Pola Pembinaan Satpam tanggal 30 Desember 1980.

Tahun 2023 ini merupakan peringatan HUT ke-43 Satpam. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang HUT Satpam yang diperingati setiap tanggal 30 Desember, simak penjelasan sejarah hingga tema peringatannya tahun 2023 berikut ini:

Sejarah Satpam di Indonesia
Menurut informasi yang dihimpun dari situs resmi Humas Polri, sejarah Satpam di Indonesia didirikan sejak tahun 1980 silam. Satpam atau singkatan dari Satuan Pengamanan dipelopori oleh Bapak Satpam Indonesia Alm. Jendral Purn. Prof. Dr. H. Awaloedin Djamin, MPH.

Latar belakang didirikannya Satpam di Indonesia adalah ketika lembaga ini secara resmi dibentuk pada tanggal 30 Desember 1980 melalui Surat Keputusan Kapolri (oleh Awaloedin Djamin) bernomor SKEP/126/XII/1980 tentang Pola Pembinaan Satuan Pengamanan.

Surat Keputusan Kapolri itu menyatakan Satpam bertugas untuk menyelenggarakan keamanan dan ketertiban di lingkungan atau kawasan kerjanya, khususnya pengamanan fisik. Pola Pembinaan Satpam adalah untuk mengikutsertakan masyarakat dalam pembinaan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas).

Pada saat itu, upaya pengamanan terhadap berbagai ancaman kriminal di beberapa instansi pemerintah atau badan usaha perlu ditingkatkan penggunaannya. Untuk mencegah terjadinya ancaman tersebut, dibentuklah satuan pengamanan (satpam) yang kemudian dikelola oleh Polri.

Selanjutnya, tanggal 30 Desember 1993 Kepolisian Negara RI mengukuhkan Jenderal Polisi (Purn) Prof. DR. Awaloedin Djamin sebagai Bapak Satpam Indonesia dengan mempertimbangkan jasa beliau sebagai pelopor serta tonggak berdirinya Satpam di Indonesia.

Tema HUT Ke-43 Satpam 2023

Dikutip dari situs resmi Humas Polri, Tema HUT ke-43 Satpam Tahun 2023 adalah "Satpam Tangguh Mendukung Pemilu Aman Dan Damai". Perayaan HUT ke-43 Satpam merupakan kesempatan untuk meningkatkan profesionalisme dan kesiapan Satpam dalam melaksanakan tugasnya.

Perayaan HUT ke-43 Satpam Nasional diharapkan menjadi momentum positif untuk membangun sinergi yang lebih kuat antara Kepolisian dan Satpam. Hal ini dalam menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman bagi seluruh warga di wilayah Pasuruan.

Link Twibbon HUT Satpam 2023

Untuk turut serta merayakan HUT ke-43 Satpam di Indonesia, twibbon bertemakan HUT Satpam dapat digunakan untuk kemudian dibagikan ke media sosial. Berikut beberapa link Twibbon HUT ke-43 Satpam seperti dilansir situs Twibbonize:

Link Twibbon HUT ke-43 Satpam Tahun 2023 (1)
Link Twibbon HUT ke-43 Satpam Tahun 2023 (2)
Link Twibbon HUT ke-43 Satpam Tahun 2023 (3)
Link Twibbon HUT ke-43 Satpam Tahun 2023 (4)
Link Twibbon HUT ke-43 Satpam Tahun 2023 (5)

Jika Twibbon HUT Satpam 2023 sudah diunduh, selanjutnya tinggal memasukkan foto yang diinginkan ke dalam twibbon tersebut. Berikut langkah-langkahnya:

Pilih salah satu Twibbon Hari Satpam 2023 yang ingin dipakai dari link di atas.
Kemudian, akan diarahkan ke laman Twibbonize, lalu klik 'Pilih Foto'.
Pilih foto yang akan digunakan di Twibbon Hari Satpam 2023, lalu klik OK.
Foto yang dipilih akan muncul di Twibbon Hari Satpam 2023. Letak foto dapat digeser kemudian klik 'crop'.
Twibbon Hari Satpam 2023 sudah jadi. Untuk menggunakannya, klik 'download' dan Twibbon akan tersimpan di galeri.

Next Post Previous Post