Bandara Dublin Jelaskan Alasan Starbucks Rebranding 'Ganti Nama' Jadi Vista Coffee

(Foto oleh segray dari iStockphoto)

Starbucks adalah perusahaan kedai kopi terbesar di dunia, dengan 20.336 kedai di 61 negara, termasuk 13.123 di Amerika Serikat, 1.299 di Kanada, dan 977 di Jepang.

Berikut adalah beberapa informasi penting tentang Starbucks:

1. Starbucks didirikan pada tahun 1971 di Seattle, Washington, Amerika Syarikat.

2. Perusahaan ini merupakan rangkaian kedaikopi dan kopi antarabangsa berpangkalan.

3. Starbucks juga menawarkan berbagai produk selain kopi, seperti makanan dan minuman sehat.

4. Starbucks memiliki sistem loyalty program yang membantu pelanggan mendapatkan sentuhan gratis atau diskon setiap kali mereka berbelan di restoran.

5. Starbucks juga menawarkan berbagai produk limit edition dan seasonal, seperti latte Vienna Creamy Latte dan Pure Matcha Latte.

Starbuck Rebranding akibat di Boikot Netizen

Starbucks menjadi tempat yang populer untuk berbagai kegiatan, seperti berkuliah, berprakiraan, atau berpelajari. Selain itu, Starbucks juga menjadi tempat yang cocok untuk bertemu dan menikmati waktu bebas.

Dugaan pembaruan merek atau rebranding Starbucks sempat menjadi buah bibir netizen. Hal ini menyusul gerai Starbucks di Bandara Dublin, Irlandia, berganti nama menjadi Vista Coffee.
Melalui akun X (dulunya Twitter) @DublinAirport, pihak bandara menjelaskan bahwa pergantian nama tersebut dilakukan karena kontrak Starbuck telah habis pada Desember 2023 lalu.

Pihak bandara juga menjelaskan, Vista Coffee hanyalah merek sementara, sebelum brand lokal baru akan menempati gerai tersebut secara permanen pada Maret 2024.

"Operator baru (yang menggunakan produk Starbucks) akan menjalankan kafe tersebut sebagai Vista, memastikan pelanggan mendapatkan layanan terbaiknya," bunyi cuitan akun tersebut, dikutip Rabu (10/1/2024).

Pihak bandara menambahkan, perubahan tersebut merupakan bagian dari perombakan besar-besaran pada gerai makanan dan minuman (food and beverage/F&B) di T1 dan T2 dalam beberapa bulan mendatang.


"Hal ini akan menyebabkan sejumlah unit beroperasi secara sementara, dengan merek generik, untuk jangka waktu singkat, sementara pekerjaan perlengkapan selesai," tambahnya.

Vista Coffee sendiri pertama kali diperkenalkan oleh Bandara Dublin lewat akun X-nya pada 4 Januari 2024. Bandara memperkenalkan Vista Coffee sebagai merek baru yang berlokasi di Terminal 1. Bandara juga menyatakan, sebelumnya lokasi tersebut ditempati oleh Starbucks.

"Vista Coffee berlokasi di kawasan T1, tepat setelah The Loop, dulunya ditempati oleh Starbucks. Ini hanya salah satu dari penawaran makanan dan minuman baru dan lebih baik yang akan diperkenalkan di Bandara Dublin pada tahun 2024," tulis bandara tersebut.

Tak lama berselang, unggahan tersebut ramai disoroti banyak netizen. Pasalnya, papan menu yang terpasang di gerai tersebut masih terdapat tulisan 'Your Starbucks Favourites'. Alhasil, banyak yang menduga bahwa Starbucks melakukan rebranding.

"Ini masih Starbucks guys," tulis akun @kilo****

"Ini adalah Starbucks rebranding. Tetap boikot," tulis akun hime****

"Ini tuh sebenarnya Starbucks rebranding untuk mengelabui kita. Tetap boikot, guys," tulis akun @7vn***

Di samping itu, Starbucks merupakan salah satu merk yang menjadi target dari kampanye boikot karena diduga pro-Israel. Banyak orang di penjuru dunia yang menyerukan kampanye boikot merk atau produk yang pro-Israel atau terafiliasi dengan Israel. Oleh karena itu, kabar rebranding ini mendapat banyak sorotan netizen.

Next Post Previous Post