Distribusi BLT El Nino 2024 Segera Diproses, Berikut Daftar Kota yang Akan Segera Dicairkan Januari

(Foto oleh Anggi Dharma Prasetya dari iStockphoto)

Bansos BLT El Nino 2024 dari pemerintah kepada masyarakat akan segera di didistribusikan dalam waktu dekat ini. BLT EL Nino 2024 ini dilanjutkan setelah banyak usulan dari masyarakat meminta dilanjutkan karena membutuhkan bantuan untuk stabilitas daya beli. 

Kepastian penyaluran kembali tersebut disampaikan oleh Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Susiwijono Moegiarso. "Kemarin sudah diputuskan tinggal kita proses, mungkin namanya yang akan ganti,” dikutip dari Antara News Kamis 11 Februari 2024. 

Bantuan ini sendiri merupakan bantuan yang disalurkan sejak Desember 2023 yang sudah disalurkan ke berbagai daerah di Indonesia. Dalam penyalurannya sebagai program bantuan bersyarat pemerintah mengacu kepada Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dalam menentukan penerimanya.

Di tahun 2023 kemarin terdapat 18,8 juta KPM yang sudah menerima bantuan terutama dari KPM BPNT dan PKH. Besaran Bantuan BLT EL Nino Untuk besaran bantuan sendiri diberikan Rp200 ribu untuk setiap bulannya, namun jika berkaca pada penyaluran tahun lalu dilakukan per dua bulan sekali sehingga total para KPM mendapatkan Rp400 ribu. 

Selain itu bantuan ini rencananya akan disalurkan hingga kuartal dua di tahun 2024 disesuaikan dengan kebutuhan dan situasi.

Kota yang Segera Cair Dalam penyalurannya, pemerintah membagi dalam tiga zona wilayah pencairan yang antara lain. Wilayah 1: Provinsi Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Riau, Kepulauan Riau, Bangka Belitung, Jambi, Bengkulu, Lampung, dan Jawa Barat.

Wilayah 2: DKI Jakarta, Banten, Jawa Tengah, Yogyakarta, Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Bali, NTT, dan NTB. 

Wilayah 3: Jawa Timur, Gorontalo, Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Maluku, Maluku Utara, Papua Barat, dan Papua. Itulah besaran dan daftar kota yang akan segera menerima Bansos BLT El Nino untuk tahun 2024.
Next Post Previous Post