Kenaikan Gaji Pensiunan PNS 12 Persen Dibayar Rapel di Februari 2024? Kriteria Ini Bisa Otentikasi 2 Bulan Sekali Aja

(Foto oleh Yamtono_Sardi dari iStockphoto)

Taspen telah mengeluarkan ketentuan terkait pensiunan PNS yang tidak wajib otentikasi lagi di bulan Februari 2024 atau bisa 2 bulan sekali saja.

Bagi bapak ibu yang akan mengambil gaji pensiunan PNS di bulan Februari 2024 nanti, ternyata otentikasi pencairannya bisa Cuma 2 bulan sekali.

Aturan ini telah disampaikan oleh Taspen, sehingga semua pensiunan PNS yang sesuai dengan kriterianya bisa melakukan otentikasi 2 bulan sekali saja.

Wah sungguh sangat memudahkan para bapak ibu di semua golongan ya.

Sebelumnya untuk gaji tanggal 1 Januari 2024 kemarin, masih belum ada kenaikan 12 persen.

Hal itu dikarenakan pemerintah belum meresmikan dan mengeluarkan PP turunan UU ASN 2023.

Sehingga gaji pensiunan PNS di bulan Januari masih memakai aturan sebelumnya dan nominal yang sama seperti di bulan Desember 2023.

Maka itu bapak ibu pensiunan PNS harap bersabar karena rencananya kenaikan gaji 12 persen di Januari akan dibayar rapel di Februari 2024 nanti.

Jadi harus dipastikan semua golongan telah melakukan otentikasi sebelum cairkan gaji pensiunan PNS di bulan Februari besok.

Tetapi ada yang boleh melakukan otentikasi hanya 2 bulan sekali saja.

Lantas seperti apa kriteria pensiunan PNS yang tidak wajib otentikasi di bulan Februari 2024 atau bisa 2 bulan sekali saja? Yuk simak ketentuannya.

Ini dia kriteria pensiunan PNS yang tidak wajib otentikasi di bulan Februari 2024 atau bisa 2 bulan sekali saja:

Jadi Pensiunan PNS yang bisa otentikasi 2 bulan sekali, yakni untuk yang sudah melakukan otentikasi di bulan Januari 2024.

Untuk kriteria pensiunan PNS yang diberi waktu otentikasi 2 bulan sekali yakni:

"Otentikasi dilakukan secara 2 bulan sekali bagi penerima pensiun sendiri/yatim/janda yang tidak memiliki ahli waris lain lagi," tulis di web taspen.co.id.

Nah dapat dilihat bahwa hanya yang menerima pensiun sendiri, yatim, janda dan tidak punya ahli waris lagi, maka boleh 2 bulan sekali saja otentikasi saat cairkan gaji per bulan.

Dengan begitu, bapak ibu jika sesuai kriteria diatas bisa ambil gaji pensiunan PNS di bulan Februari 2024 nanti tanpa otentikasi lagi.

Gimana, sudah tahu kan sekarang kriteria pensiunan PNS yang diberi wkatu melakukan otentikasi 2 bulan sekali saja saat cairkan gaji bulan Februari 2024 oleh Taspen?

Demikian informasi terkait kriteria pensiunan PNS yang diberi waktu otentikasi 2 bulan sekali saat cairkan gaji khususnya di Februari 2024. Semoga bermanfaat.

Next Post Previous Post