Jadwal Bola Hari Ini, Jumat 23 Februari 2024: Aksi Persib dan Persebaya di Liga 1, Bayer Leverkusen di Liga Jerman, Juga Ada Liga Spanyol serta Liga Italia

(Foto Kiper Bhayangkara FC Aqil Savik (kedua kiri) mengadang sundulan pesepak bola PSS Sleman Irkham Mila (kiri) dalam laga lanjutan BRI Liga 1)

PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) memiliki data baru terhadap rata-rata waktu bermain efektif atau playing time dalam pertandingan BRI Liga 1 2023-2024. PT LIB melihat ada ada kenaikan waktu efektif dari 35 menit menjadi 40 menit 26 detik per laga.

"Perhitungan itu kami lakukan di semua laga Liga 1 2023-2024 hingga pekan ke-24. Angkanya tidak semua sama. Namun, rata-rata berada di angka 40-45 menit. Sebagai perbandingan, AFC berada pada angka 50-55 menit," ujar Manajer High Performance Unit (HPU) PT LIB, Ricky Nelson.

PT LIB memahami bahwa makin tinggi angka playing time, kian baik pula kualitas sebuah liga. "Angka ini meningkat dibandingkan dengan musim lalu, yang playing time-nya berada di 39 menit, 43 detik," ucap Ricky menambahkan.

Waktu bermain efektif kompetisi sepak bola Tanah Air sempat menjadi sasaran kritik pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. Menurut Shin Tae-yong, liga yang baik memiliki rata-rata waktu bermain efektif sekitar 60 menit (dari 90 menit). 

Di Indonesia, Shin Tae-yong biasanya hanya punya playing time sebesar 35 menit. "Anda bisa bayangkan seberapa buruk kondisi fisik pemain kita dalam pertandingan," ujar juru taktik asal Korea Selatan itu.

Oleh karena itu, Ricky Nelson menegaskan pihaknya selalu berkonsentrasi dan konsisten melakukan pemantauan terhadap perkembangan statistik playing time pada pertandingan Liga 1 2023-2024. 

"Kami akan terus berkomunikasi dengan klub untuk berusaha maksimal menaikkan kualitas kompetisi. Dalam hal ini, fokus kami lebih ke aspek teknis. Selalu ada laporan kepada klub secara keseluruhan, termasuk soal playing time," ujar mantan pelatih Persipura Jayapura itu.

Rata-rata menit bermain efektif tertinggi dalam sepekan Liga 1 2023-2024 adalah 41 menit, 59 detik.  Sementara untuk satu pertandingan, angkanya mencapai 57 menit, yakni pada duel Bhayangkara FC vs Persebaya Surabaya, 8 Agustus 2023. "Angka terendah adalah 36 menit, 53 detik ada di pekan ke-24, dan hanya terjadi pada satu pertandingan," kata Ricky Nelson, tanpa menyebutkan tim yang berlaga.

Berbagai cara sudah dilakukan klub dan PT LIB untuk terus menaikkan angka waktu bermain efektif di Liga 1. Salah satunya dengan pendekatan sport science. Bentuk konkretnya yaitu penggunaan rompi GPS yang diproduksi oleh Catapult dan Fitogether. Alat ini biasanya dipakai oleh pemain saat latihan dan pertandingan.

"Alat tersebut sangat membantu untuk memantau kondisi pemain. Dalam skala luas, alat itu sangat membantu dalam meningkatkan level kompetisi yang nantinya bermuara ke Timnas Indonesia. Itu dibuktikan pada hasil pemantauan kondisi para pemain timnas, rata-rata bagus," ujar Ricky.

Next Post Previous Post