SELEKSI CPNS 2024 Segera Dibuka, 9 Formasi yang Diprediksi Memberlakukan Syarat TOEFL

(Foto ilustrasi CPNS di tahun 2024 melalui laman bkn.go.id)

Pemerintah melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) tengah menyiapakan 2.302.543 posisi dalam seleksi nasional tahunan, Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2024.

Dari jumlah tersebut, formasi PPPK 2024 tersedia 1.605.694 lowongan, yang merupakan gabungan jatah formasi PPPK instansi pusat dan daerah.

Kuota formasi CPNS 2024 yang dapat dilamar pelamar umum dan fresh graduate terdiri dari 690.822 formasi.

Adapun formasi CPNS dari jalur sekolah kedinasan disiapkan 6.027 kursi.

Hal ini telah dikonfirmasi langsung MenPAN RB Abdullah Azwar Anas dalam rapat koordinasi percepatan pelaksanaan seleksi penerimaan mahasiswa/praja/taruna sekolah kedinasan tahun 2024.

Anas mengimbau para calon pelamar CPNS jalur sekolah kedinasan segera mempersiapkan dokumen persyaratan yang diperlukan untuk pendaftaran.

Adapun rencananya, pendaftaran sekolah kedinasan akan dibuka pada bulan Maret 2024, namun tak menutup kemungkinan, waktu tersebut dapat berubah sesuai kesiapan dan dinamika yang terjadi.

“Pemerintah telah mendesain skema kebutuhan ini dan berharap kedepan kita bisa lahirkan calon-calon ASN yang berdedikasi, kompeten, dan inovatif dalam menyelesaikan permasalahan rakyat,” ujar Menteri Anas, dikutip dari situs resmi KemenPAN-RB.

Sementara itu, proses persiapan pemberkasan seharusnya sudah disiapkan peserta jauh-jauh hari.

Sebab ada beberapa instansi yang mewajibkan berkas tertentu dalam syarat pendaftarannya, salah satunya sertifikat Toefl.

Inilah beberapa intansi yang diprediksi menggunanakan sertifikat Toefl dalam syarat pemberkasannya 

9 Instansi yang Diprediksi Gunakan Toefl dalam Seleksi CPNS 2024

Menelik dari seleksi pada tahun sebelumnya, berikut ini daftar formasi yang memberlakukan syarat sertifikat Toefl dalam proses pendaftaran, diantaranya :

1. Ahli Pertama – Jaksa.

2. Analis Rancangan Naskah Perjanjian.

3. Ahli Pertama Pranata Komputer.

4. Analis Foresik Digital.

5. Ahli Pertama – Penilai Pemerintah.

6. Ahli Pertama – Perencana.

7. Ahli Pertama – Peneliti.

8. Ahli Pertama – Penerjemah.

9. Ahli Pertama Dokter – Spesialis.

Tahapan CPNS 2024

  • Pendaftaran dan seleksi administrasi
  • Calon pelamar bisa masuk ke website resmi SSCASN.
  • Dimana melalui website tersebut, pelamar bisa mendaftar, membuat akun dan memilih formasi yang diinginkan.
  • Setelah berkas diverifikasi dan dinyatakan lolos, peserta bisa melanjutkan ke tahap berikutnya.
  • Seleksi Kompetensi Dasar (SKD)
  • Seleksi tahap ini menggunakan metode CAT (Computer Assisted Test) yang terdiri dari 3 jenis Tes
  • - TWK (Tes Wawasan Kebangsaan): peserta diuji dengan pemahaman prinsip dasar negara.
  • - TIU (Tes Intelegensi Umum):peserta akan diuji dengan mengukur kemampuan numerik, berpikir logis dan analitis.
  • - TKP (Tes Karaktetistik Pribadi): tes ini digunakan untuk mengetahui karakteristik pribadi peserta.

Seleksi Kompetensi Bidang (SKB)

Pada tahap ini peserta akan diuji sesuai bidang yang dilamar, sebab peserta akan diuji ketrampilan, pengetahuan dan perilaku dalam menjalankan tugas yang ditawarkan.

Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) CPNS 2024 akan dilaksanakan pada bulan April-Mei 2024, setelah seleksi administrasi dan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD).

Tahapan seleksi CPNS 2024 terdiri dari enam tahap, yaitu seleksi administrasi, SKD, SKB, Integrasi Nilai, Seleksi Kepribadian, dan Seleksi Kesehatan.

Seleksi administrasi akan dilaksanakan pada bulan Februari 2024, SKD pada bulan Maret 2024, dan Integrasi Nilai pada bulan Mei 2024. Seleksi Kepribadian dan Seleksi Kesehatan akan dilaksanakan setelah SKB.

Formasi CPNS 2024 yang dibuka sebanyak 2,3 juta, terdiri dari 690.822 formasi bagi pendidikan tinggi, 1.000.000 formasi bagi pendidikan menengah, dan 600.000 formasi bagi pendidikan dasar.

Pengumuman Kelulusan

Kelulusan peserta akan dilihat dari nilai SKD dan SKB yang telah dilakukan, dan akan melanjutkan ke tahap pemberkasan sesuai prosedur yang berlaku.

Pengumuman kelulusan CPNS 2024 akan dilakukan pada bulan Juni 2024, maka dari itu ntuk mendapatkan informasi tentang kelulusan CPNS 2024, masyarakat harus melakukan langkah-langkah seperti mengunjungi situs resmi penyelenggara seleksi CPNS, kemudian Login dengan akun SSCASN dan Cek pengumuman pada bagian yang tepat.

Untuk mengetahui pengumuman lebih lengkap terkait formasi, peserta dapat mengakses laman resmi terkait. Pengumuman formasi CPNS 2024 akan dilakukan pada bulan Mei 2024.

Formasi CPNS 2024 yang dibuka sebanyak 2,3 juta, terdiri dari 690.822 formasi bagi pendidikan tinggi, 1.000.000 formasi bagi pendidikan menengah, dan 600.000 formasi bagi pendidikan dasar.

Berdasarkan informasi yang ditemukan, Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CPNS) 2024 akan melibatkan beberapa tahapan penting.

Tahapan tersebut meliputi seleksi administrasi, seleksi kompetensi dasar (SKD), seleksi kompetensi bidang (SKB), integrasi nilai, seleksi kepribadian, dan seleksi kesehatan.

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut, kamu disarankan untuk mengunjungi situs resmi penyelenggara seleksi CPNS dan memantau pengumuman melalui situs resminya.


Next Post Previous Post