IHSG Kembali ke 7.200, Harga Saham Hari ini, 5 Maret 2024

(Foto oleh ArtistGNDphotography dari iStockphoto)

Saham adalah sebuah bukti kepemilikan nilai sebuah perusahaan. Dalam literatur fikih, saham diambil dari bahasa Arab. Saham dapat dibeli dan dijual di pasar saham, seperti Bursa Efek Indonesia (BEI). Dengan berinvestasi di saham, pemegang saham memiliki hak atas sebagian aset perusahaan. Saham dapat menghasilkan keuntungan melalui capital gain (adanya kenaikan harga saham) dan dividen (pembagian laba oleh perusahaan kepada pemegang saham).

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) parkir di zona merah pada akhir perdagangan Senin (4/3/2024).IHSG ditutup melemah 0,48% ke posisi 7.276,75. IHSG pun terkoreksi kembali ke level psikologis 7.200, setelah beberapa hari bertahan di level psikologis 7.300. Hanya ada tiga sektor yang menguat pada perdagangan kemarin yakni energi (+0,26%), material dasar (+0,24%) dan konsumer siklikal (+0,09%).

Sedangkan tujuh sektor lainnya melemah. Sektor industrial dan utilitas jadi yang paling lesu. Masing-masing mengalami degradasi 1,39% dan 1,05%.

Sementara itu, pasar saham Indonesia pada perdagangan hari ini akan ditopang oleh berbagai sentimen baik dari dalam negeri maupun luar negeri.

IHSG sendiri berpotensi bergerak di rentang 7.250 sebagai area support hingga 7.360 sebagai area resisten.

Dari dalam negeri kabar baik bagi investor karena bulan ini dipenuhi dengan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST). Pada rapat tahunan tersebut para emiten biasanya mengumumkan besaran dividen yang akan dibagikan kepada investor.

Selain emiten yang hendak membagikan dividen, berikut rekomendasi saham yang menarik untuk dicermati hari ini:

PT Bumi Resources Minerals Tbk

BRMS sedang mencoba untuk menembus resistance dari downtrend channel dan berpotensi menguat ke area classic resistance terdekat, dimana hal ini didukung oleh penguatakan stochastic dan kenaikan volume. Saat ini, BRMS memiliki rasio Price to Book (PB) sebesar 1.1x yang menunjukkan posisi valuasi overvalue, karena berada di atas area Mean PB standar deviasi selama lima tahun terakhir, yaitu sebesar 0.8.

Buy on breakout: 147

Take Profit: 160

Stop Loss: 138

PT Erajaya Swasembada Tbk

ERAA sedang membentuk candlestick piercing line pada area support EMA 20 dan berpotensi menguat ke level supply yang lebih tinggi, dimana hal ini didukung oleh momentum RSI yang masih menguat di atas area center line (5). Saat ini, ERAA memiliki rasio Price Earnings (PE) sebesar 9.1x yang menunjukkan posisi valuasi undervalue, karena berada di bawah area Mean PE standar deviasi selama lima tahun terakhir, yaitu sebesar 10.4x.

Buy on weakness: 472

Take Profit: 500

Stop Loss: 452

PT Industri Jamu dn Farmasi Sido Muncul Tbk

SIDO telah menembus EMA 5 jangka pendek dengan pembentukan swing low sehingga harga berpotensi untuk melanjutkan penguatan ke area resistance selanjutnya, dimana hal ini didukung oleh stochastic yang baru melakukan bullish crossover. Saat ini, SIDO memiliki rasio Price Earnings (PE) sebesar 19.5x yang menunjukkan posisi valuasi undervalue, karena berada di area -1 PE standar deviasi selama lima tahun terakhir, yaitu sebesar 19.1x.

Buy on weakness: 620

Take Profit: 680

Stop Loss: 590

Next Post Previous Post