Malam Nuzulul Quran 2024 Kapan? Ini Jadwal dan Sejarah Turunnya Al-Qur'an

(Foto oleh Tamer ALKIS dari iStockphoto)

Nuzulul Quran adalah salah satu momen paling bersejarah yang dialami oleh umat Islam, pasalanya momen itu menjadi saksi awal turunnya Al-Qur'an kepada Rasulullah SAW. Kapan Nuzulul Quran 2024?
Mengenai turunnya Al-Qur'an dijelaskan dalam surah Al-Baqarah ayat 185:

شَهْرُ رَمَضَانَ ٱلَّذِىٓ أُنزِلَ فِيهِ ٱلْقُرْءَانُ هُدًى لِّلنَّاسِ وَبَيِّنَٰتٍ مِّنَ ٱلْهُدَىٰ وَٱلْفُرْقَانِ ۚ فَمَن شَهِدَ مِنكُمُ ٱلشَّهْرَ فَلْيَصُمْهُ ۖ وَمَن كَانَ مَرِيضًا أَوْ عَلَىٰ سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِّنْ أَيَّامٍ أُخَرَ ۗ يُرِيدُ ٱللَّهُ بِكُمُ ٱلْيُسْرَ وَلَا يُرِيدُ بِكُمُ ٱلْعُسْرَ وَلِتُكْمِلُوا۟ ٱلْعِدَّةَ وَلِتُكَبِّرُوا۟ ٱللَّهَ عَلَىٰ مَا هَدَىٰكُمْ وَلَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ


Karena itu, barangsiapa di antara kamu hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu, dan barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. 
Dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan hendaklah kamu mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur."

Kapan Nuzulul Quran 2024?

Pertama kali Rasulullah SAW menerima wahyu pada 17 Ramadan 610 M di Gua Hira. Menurut Ketetapan Kementerian Agama melalui sidang Isbat 10 Maret 2024, awal bulan Ramadan pada tahun ini jatuh pada tanggal 12 Ramadan 2024.

Jika dikonversi ke dalam kalender Masehi, hari ke-17 Ramadan 1445 H jatuh pada Kamis, 28 Maret 2024.

Sejarah Turunnya Al-Qur'an

Dilansir dari buku Hukum Islam: Pengantar Ilmu Hukum Islam di Indonesia ditulis oleh Prof. Dr. H. Zainuddin Ali, M.A. Dijelaskan ketika pertama kali Al-qur'an diturunkan Rasulullah masih berumur 40 tahun.

Terjadi pada tanggal 17 Ramadan 610 M yang disampaikan oleh Malaikat Jibril kepada Nabi Muhammad SAW ketika sendirian di Gua Hira, Bukit Cahaya.

Selain itu, dari buku Ulmul Qur'an Telaah Tekstualitas dan Kontekstualitas Al Qur'an ditulis oleh Drs. Ahmad Izzan, M.Ag. Al'Qur'an diturunkan ke bumi dengan dua periode, periode pertama disebut Makkiyah, wahyu yang diturunkan ketika Nabi Muhammad SAW selama 12 tahun 5 bulan 13 hari saat bermukim di Makkah.

Periode Makkiyah ini tepatnya dimulai dari 17 Ramadan 41 dari kelahiran nabi, sampai permulaan Rabiu'ul awal tahun 54 dari kelahiran nabi.

Periode kedua dinamakan Madaniyah, yaitu keadaan ketika ayat-ayat turun sesudah Rasulullah SAW hijrah ke Madinah. Periode kedua ini berlangsung selama 9 tahun 9 bulan 9 hari,atau mulai dari permulaan Rabiul Awal tahun 54 kelahiran nabi hingga 9 Dzulhijjah tahun 63 dari kelahiran nabi (10 Hijriyah).

Maka dari itu, dari perhitungan dua periode Makkah dan Madaniyah, jumhur ulama berpendapat Al-Qur'an diwahyukan kepada Rasulullah SAW selama kurang lebih 23 tahun.

Keutamaan Nuzulul Quran

Dirangkum dari buku Berzikir Cara Nabi ditulis oleh Abdur Razzaq Ash-Shadr keutamaan nuzulul Quran atau turun Al-Qur'an:

1. Simbol Karunia Allah SWT

Pada bulan Ramadan umat Islam akan mendapatkan karunia yang besar dari Allah berupa wahyu dan petunjuk-petunjuk, seperti firman Allah.

Surah Al-Baqarah ayat 185:

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِي أُنزِلَ فِيهِ الْقُرْءَانُ هُدًى لِلنَّاسِ وَبَيِّنَات ٍ مِّنَ الْهُدَى وَالْفُرْقَانِ

Artinya: Bulan Ramadhan adalah bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Alquran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan batil).

2. Bersamaan dengan Lailatul Qadar

Ibnu Abu Hatim meriwayatkan bahwa Ibnu Abbas pernah ditanya oleh 'Atiyah bin Al-Aswad, "Ada keraguan dalam hatiku tentang firman Allah, 'Bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan Al-Quran', begitu juga firman-Nya, 'Sesungguhnya Kami menurunkannya pada suatu malam yang diberkahi', dan firman-Nya, 'Sesungguhnya Kami telah menurunkannya pada malam Al-Qadar.' Sedangkan, Al-Qur'an ada yang diturunkan pada bulan Syawal, Dzulqa'dah, Dzulhijjah, Muharam, Safar, dan bulan Rabi'?"

Ibnu Abbas menjawab, "Sesungguhnya Al-Quran diturunkan sekaligus pada bulan Ramadhan di malam Qadar, malam yang diberkahi. Kemudian Al-Corán yang terpisah-pisah di beberapa tempat bintang diturunkan secara tartil dalam beberapa bulan dan hari."

Next Post Previous Post