Pendaftaran Prakerja Gelombang 64 Kapan Dibuka 2024? Jadwal dan Cara Lolosnya

(Foto pemberian saldo Prakerja yang cair melalui e-wallet Gopay atau OVO)

Kartu Prakerja adalah sebuah program pengembangan kompetensi kerja yang ditujukan untuk pencari kerja, pekerja terkena PHK, dan/atau pekerja yang membutuhkan peningkatan kompetensi

Program ini dikemas sebagai sebuah produk yang memberikan nilai bagi pengguna serta memberikan nilai bagi sektor swasta

Kartu Prakerja telah membantu 17 juta individu dari 514 kabupaten dan kota di Indonesia. Program ini juga menggandeng pelaku usaha swasta dalam melayani masyaraka

apa itu kartu prakerja dan bagaimana cara mendaftar

Apa Itu Kartu Prakerja?
Kartu Prakerja adalah sebuah program bantuan pelatihan yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi tenaga kerja di Indonesia, baik dalam hal keterampilan maupun kewirausahaan. 

Program ini dirancang sebagai sebuah produk yang memberikan manfaat bagi pengguna serta sektor swasta. Kartu Prakerja telah membantu 17 juta individu dari 514 kabupaten dan kota di Indonesia. Program ini juga melibatkan pelaku usaha swasta dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.
Cara Mendaftar Kartu Prakerja
Untuk mendaftar Kartu Prakerja, berikut langkah-langkahnya:
1. Eligibilitas : Kartu Prakerja tidak hanya untuk pencari kerja, tetapi juga untuk buruh, karyawan, dan pegawai yang berusia 18 tahun ke atas dan tidak sedang sekolah atau kuliah.
2. Pendaftaran : Kunjungi situs resmi Kartu Prakerja di dashboard.prakerja.go.id.
3. Pilih Program : Pilih program pelatihan yang sesuai dengan kebutuhan dan minat Anda.
4. Daftar : Isi formulir pendaftaran dengan informasi yang diperlukan.
5. Verifikasi : Lakukan verifikasi data yang telah Anda masukkan.
6. Ikuti Pelatihan : Setelah terdaftar, ikuti pelatihan yang telah dipilih.
Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat mendaftar dan mengikuti program pelatihan Kartu Prakerja untuk meningkatkan keterampilan dan kompetensi kerja Anda.

Lantas pendaftaran Prakerja gelombang 64 kapan dibuka? 


Dalam perkiraan akan dilaksanakan pada bulan Maret. Namun untuk tanggal pastinya belum diumumkan oleh pemerintah.

Dalam hal ini Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto yang juga merupakan Ketua Komite Cipta Kerja mengatakan bahwa program Kartu Prakerja ditargetkan untuk dapat memberikan pelatihan kepada 1,148 juta peserta sepanjang tahun ini.

“Pada 23 Februari 2024 dibuka gelombang baru penerima Prakerja yakni Batch 63, dengan target peserta sebesar 1,148 juta sepanjang tahun 2024. Kuota ini akan dieksekusi secara bertahap oleh Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja (MPPKP),” kata Airlangga Hartarto.

Menurutnya, program Kartu Prakerja perlu untuk dilaksanakan kembali tahun ini karena terbukti bermanfaat bagi masyarakat untuk meningkatkan kemampuan mereka dan mendapatkan pekerjaan.
peningkatan peluang kerja mencapai 95%.

Sementara itu, studi Riset Presisi Indonesia mengungkapkan adanya peningkatan pendapatan penerima manfaat Kartu Prakerja sebesar 17-21 persen per bulan dibandingkan nonpenerima.
Selain itu, studi Riset Presisi Indonesia mengungkapkan adanya peningkatan pendapatan penerima manfaat Kartu Prakerja sebesar 17-21 persen per bulan dibandingkan nonpenerima.

Terkait pelaksanaan Kartu Prakerja tahun ini, Airlangga menyatakan bahwa program tersebut akan diperluas sehingga dapat menjangkau lebih banyak masyarakat di daerah terpencil dan tertinggal serta mendorong keterlibatan lembaga pelatihan di lebih banyak kabupaten dan kota.

Ia menuturkan bahwa kualitas pelatihan pun akan ditingkatkan dengan menambah moda pembelajaran mandiri atau Self-Paced Learning (SPL) yang dapat memberikan fleksibilitas, namun juga membutuhkan komitmen personal yang lebih tinggi dari peserta.

Ia berharap kesempatan untuk upskilling dan reskilling melalui program Kartu Prakerja tersebut dapat digunakan sebaik-baiknya oleh masyarakat.

Airlangga juga mengatakan bahwa pihaknya akan berupaya untuk bekerja sama dengan lebih banyak pihak, khususnya kementerian/lembaga (K/L), untuk menyediakan berbagai pelatihan berkualitas yang relevan dengan kebutuhan pasar kerja.

Cara Mengetahui Alasan Pasti Tidak Lolos Prakerja di Tahun 2024


Untuk mengetahui alasan tidak lulus pada Gelombang Prakerja 63 dan Gelombang 64. dapat dilihat pada "Riwayat Gelombang". Biasanya terdapat alasan seperti NIK masih terdaftar dalam Kemendikbud (Masih Kuliah)< atau sudah mendapatkan bantuan sosial yang lain.

Next Post Previous Post