4+ Teks Pidato Hari Pendidikan Nasional 2024 untuk SD, SMP, dan SMA

 

(Foto oleh faidzzainal dari iStockphoto)

Hari Pendidikan Nasional diperingati setiap tanggal 2 Mei. Tahun ini, Hari Pendidikan Nasional atau Hardiknas, jatuh pada Kamis, 2 Mei 2024.

Peringatan Hari Pendidikan Nasional biasanya ditandai dengan upacara Hardiknas di setiap institusi pendidikan. Mulai dari SD, SMP, SMA, hingga kampus.

Di dalam upacara, pasti akan dibacakan pidato Hari Pendidikan Nasional oleh pembina upacara.

Bagi Anda yang bertugas sebagai pembina upacara atau membuat pidato, Tribunnews.com telah merangkum 5 teks pidato Hari Pendidikan Nasional yang bisa menjadi inspirasi.

Pidato Hari Pendidikan Nasional bisa disampaikan pada saat upacara 2 Mei 2024 di SD, SMP, dan SMA.

Inilah contoh 4+ teks pidato Hari Pendidikan Nasional:

(Foto oleh faidzzainal dari iStockphoto)

1. Teks Pidato Hari Pendidikan Nasional 2024

Assalamualaikum Wr. Wb.

Yth. Bapak XXXXX selaku Kepala Sekolah SD Sukamakmur

Yth. Bapak/Ibu guru beserta para staf SD Sukamakmur

Yang saya cintai, siswa/siswi SD Sukamakmur

Terucap syukur yang teramat dalam kepada sang Pencipta kita Allah SWT, yang telah memberikan kita nikmat dan rahmat yang sangat luar biasa sehingga kita dapat berkumpul dalam pertemuan ini dalam keadaan yang tidak kurang suatu apapun.

Shalawat serta salam tak henti-hentinya kita ucapkan kepada nabi besar kita, nabi akhir zaman nabi Muhammad SAW yang telah membawa kita dari zaman kebodohan menuju ke zaman yang terang benderang dengan ilmu seperti saat ini.

Hadirin yang saya hormati, tepat pada hari ini, kita semua memperingati Hari Pendidikan Nasional. Pada hari ini juga, kita sebagai warga negara yang menginginkan pendidikan semakin baik dan maju.

Jika para pendahulu kita, para pahlawan susah payah untuk belajar menimba ilmu di sekolah, maka hari ini kita yang sudah hampir dipastikan tercukupi segala ketersediaan dalam belajar harus lebih baik dalam belajar dan mengajar di bidang pendidikan.

Bayangkan jika setiap guru maupun siswa yang sudah mulai mengerti dunia teknologi, dimanfaatkan dengan baik oleh setiap siswa dan masyarakat itu sendiri, maka akan menciptakan orang-orang yang kreatif, cerdas, dan berwawasan luas.

Hadirin yang saya cintai, marilah di Hari Pendidikan Nasional ini, kita renungkan sejenak dan mengheningkan cipta untuk para pejuang dan guru-guru kita yang sudah mendahului kita. Betapa berharganya ilmu-ilmu yang mereka ajarkan pada kita, sehingga yang asalnya tidak mengetahui apa-apa menjadi lebih tahu segalanya.

Untuk itu, marilah kita jadikan Hardiknas tahun ini sebagai awal yang baru untuk diri kita sendiri dalam belajar dan mengajar, agar tidak ada lagi kebodohan serta ketidaktahuan akan pendidikan.

Hadirin yang saya hormati, cukup sekian pidato singkat Hari Pendidikan yang saya sampaikan. Semoga dapat bermanfaat serta dapat menjadi motivasi kita semua dalam belajar dan mengajar.

Mohon maaf jika ada salah kata. Mari kita tingkatkan pendidikan di Indonesia. Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

2. Teks Pidato Hari Pendidikan Nasional 2024

Selamat pagi hadirin sekalian.

Segala puji bagi Tuhan Yang Maha Esa karena telah memberikan kita kesempatan untuk dapat berkumpul di tempat ini dalam keadaan sehat.

Hadirin yang berbahagia, pada hari ini saya akan menyampaikan beberapa patah kata mengenai pentingnya mencari ilmu. Ilmu merupakan hal yang penting untuk manusia. Adanya ilmu akan menjadikan kita lebih pintar dan ahli dalam banyak hal.

Ilmu juga bisa membantu kita memecahkan berbagai persoalan hidup. Oleh sebab itu, jangan membatasi diri ketika mencari ilmu. Kembangkan wawasanmu keluar batas kegiatan belajar mengajar di kelas.

Kamu bisa mempelajari berbagai hal yang menunjang kehidupan seperti ilmu memasak, ilmu bertanam, dan lain sebagainya. Luangkan juga waktu untuk membaca buku, koran, internet atau majalah.

Ini akan lebih baik daripada membuang waktu membuka hal yang sifatnya tidak terlalu penting di internet. Apalagi jika kamu hanya sekedar mengamati dan menilai kehidupan orang lain.

Selain itu, ilmu juga bisa kita dapatkan dari diskusi bersama kerabat, teman, atau orang tua. Ada banyak pelajaran yang bisa kita ambil dari pengetahuan serta pengalaman orang lain.

Oleh sebab itu, manfaatkanlah waktu dengan sebaik-baiknya untuk menuntut ilmu. Jangan sampai menyesal di kemudian hari karena telah melakukan hal sia-sia.

Sekian pidato singkat saya di pagi hari ini, mohon maaf apabila ada ucapan yang menyinggung. Terima kasih banyak atas perhatian hadirin sekalian.

3. Teks Pidato Hari Pendidikan Nasional 2024

Assalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh.

Terucap syukur yang teramat dalam kepada sang pencipta kita Allah SWT yang telah memberikan kita nikmat dan rahmat yang sangat luar biasa sehingga kita dapat berkumpul dalam pertemuan ini dalam keadaan yang tidak kurang suatu apapun.

Shalawat serta salam tak henti-hentinya kita ucapkan kepada nabi besar kita, nabi akhir zaman nabi Muhammad SAW yang telah membawa kita dari zaman kebodohan menuju ke zaman yang terang benderang dengan ilmu seperti saat ini.

Hadirin yang berbahagia,

Hari ini tepatnya tanggal 2 Mei, kita semua memperingati Hari Pendidikan Nasional. Seperti yang kita rasakan, pendidikan merupakan hal yang terpenting dalam kehidupan kita.

Ini dapat diartikan juga bahwa setiap individu memiliki hak untuk mendapatkan dan mengembangkan dalam hal pendidikan serta merupakan pintu gerbang utama kita dalam melihat dan menyikapi keadaan dunia.

Walaupun seperti yang kita ketahui, bahwa pendidikan yang pertama kali kita dapatkan adalah pendidikan di lingkungan keluarga.

Jika kita berbicara tentang pendidikan, kurang lengkap rasanya jika kita tidak membahas tentang siapa pelopor di baliknya, Ki Hajar Dewantara. Siapa yang tidak mengenalnya?

Beliau adalah Bapak Ki Hajar Dewantara atau yang memiliki nama Suwardi Suryaningrat. Beliau merupakan pemimpin serta tokoh yang mempelopori pendidikan di Indonesia.

Ki Hajar Dewantara membuat semboyan sebagai bentuk usaha mewujudkan serta membangun kemerdekaan dunia pendidikan di Indonesia.

Semboyan yang digunakan yaitu Ing Ngarsa Sung Tuladha yang memiliki arti bahwa seorang pemimpin harus bisa menjadi suri tauladan untuk orang-orang yang berada di sekelilingnya.

Ing Madya Mangun Karsa mempunyai arti yaitu meningkatkan semangat. Sementara Tut Wuri Handayani yaitu berarti terdapat seseorang yang memberikan semangat dari belakang atau memberikan dorongan moral.

Semboyan tersebut tentu memiliki makna yang sangat baik bagi pendidikan kita sampai saat ini. Bahkan hadirnya semboyan tersebut dapat mewarnai pendidikan di Indonesia.

Para pahlawan kita sudah susah payah untuk menimba ilmu di sekolah rakyat.

Oleh karena itu, dengan kita yang sudah hampir tercukupi segala ketersediaan dalam belajar harus lebih baik dalam belajar dan mengajar di bidang pendidikan.

Kita semua harus semangat dan rajin dalam menimba ilmu.

Bayangkan jika setiap guru dan siswa yang sudah mengerti dunia teknologi, dimanfaatkan dengan baik oleh setiap siswa dan masyarakat itu sendiri, maka akan menciptakan orang-orang yang kreatif, cerdas, dan berwawasan luas.

Marilah di Hari Pendidikan Nasional ini kita renungkan dan mengheningkan cipta untuk para pejuang dan guru-guru kita yang sudah mendahului kita, betapa berharganya ilmu-ilmu yang mereka ajarkan kepada kita semua, sehingga yang awalnya tidak mengetahui apa-apa menjadi lebih tahu segalanya.

Marilah kita jadikan hardiknas tahun ini sebagai awal yang baru untuk diri kita sendiri dalam belajar dan mengajar, agar tidak ada lagi kebodohan serta ketidaktahuan akan pendidikan.

Demikian pidato saya, mohon dimaafkan jika terdapat kekurangan dan kepada sang pencipta kita, saya mohon diampunkan.

Wassalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh.

4. Teks Pidato Hari Pendidikan Nasional 2024

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Alangkah bahagianya pada hari ini kita merayakan Hari Pendidikan Nasional. Dengan memperingati Pendidikan Nasional semoga kita lebih semangat untuk memajukan dan mencerdaskan pendidikan anak-anak bangsa agar berguna bagi bangsa, negara, dan agama.

Pertambahan anak umur sekolah yang cepat dan pertambahan lulusan tiap jenjang pendidikan yang besar, tapi tidak diikuti penambahan prasarana dan sarana pendidikan yang cepat dan memadai, menimbulkan masalah bagi pemerintah untuk memberikan pendidikan dan pengajaran pada semua warga Negara sebagaimana diamanatkan oleh Undang-Undang Dasar.

Persoalan ini krusial mengingat beragamanya geografis nusantara yang luas dan terpencar dengan tingkat perkembangan sosial-ekonomi-kultural berbeda. Ketika itu untuk pertama kali pelaksanakan repelita dengan tekanan pada pembangunan ekonomi yang dipandang sebagai landasan bagi aspek-aspek lain dari pembangunan nasional.

Dalam pembaruan pendidikan, perhatian difokuskan pada upaya-upaya perbaikan dan peningkatan kualitas serta penataan kesempatan mendapat pendidikan. Mengenai yang terakhir ini sulitlah dicapai bila hanya melalui cara-cara konvensional yaitu memanfaatkan teknologi komunikasi dan teknologi, informasi radio dan televisi.

Ki Hajar Dewantara (1889-1959), seorang tokoh pendidikan Indonesia yang memprakarsai berdirinya lembaga pendidikan Taman siswa.

Dia lebih terkenal dengan filsafat "tut wuri handayani, hing madya mangun karsa, hing ngarso sung tulada". Ki Hajar Dewantara mengklasifikasikan tujuan pandidikan dengan istilah "tri-nga".

Nga pertama adalah ngerti atau memahami (aspek intelektual), nga kedua adalah ngrasa adalah atau 'merasakan' (aspek afeksi), dan nga ketiga adalah nglakonin atau 'mengajarkan' (aspek psikomotorik).

Merumuskan tujuan pendidikan yang meliputi aspek kognitif, afektif, dan psikomotor. Menurut Dewantara, adalah hak tiap orang untuk mengatur diri sendiri. Oleh karena itu pengajaran harus mendidik anak menjadi manusia yang merdeka batin, pikiran, dan tenaga.

Pengajaran jangan terlampau mengutamakan kecerdasan pikiran karena hal itu dapat memisahkan orang terpelajar dengan rakyat.

Akhir kata sampai di sini pidato saya. Semoga bangsa Indonesia lebih meningkatkan dan mencerdaskan serta menciptakan anak-anak didik yang produktif, kreatif, dan inovatif yang berguna bagi bangsa dan negara.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

5. Teks Pidato Hari Pendidikan Nasional 2024

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Yang terhormat kepada seluruh hadirin yang telah datang, dan kepada para pahlawan pendidikan di seluruh penjuru negeri.

Saat kita merayakan Hari Pendidikan Nasional, mari kita peringatkan diri kita sendiri tentang tantangan besar yang masih dihadapi oleh sistem pendidikan kita.

Hari ini, kita tidak hanya merayakan kemajuan pendidikan, tetapi juga merenungkan tantangan yang masih dihadapi.

Kesenjangan pendidikan antara wilayah perkotaan dan pedesaan, akses terhadap teknologi, dan kualitas pengajaran adalah beberapa di antaranya.

Marilah kita bersatu sebagai bangsa untuk menyelesaikan masalah-masalah ini dan memastikan pendidikan berkualitas untuk semua.

Tidak boleh ada seorang pun yang terpinggirkan dari akses pendidikan yang layak. Bersama-sama, mari kita berkomitmen untuk menciptakan sistem pendidikan yang inklusif dan merata bagi seluruh anak bangsa.

Selama bertahun-tahun, Indonesia telah menghadapi berbagai tantangan dalam bidang pendidikan. Meskipun demikian, para pendidik, siswa, orang tua, dan berbagai pihak terkait terus bekerja keras untuk mengatasi hambatan-hambatan tersebut.

Dengan semangat kebersamaan dan kerjasama yang kuat, kita dapat mengubah tantangan menjadi peluang dan meraih kemajuan yang lebih besar dalam bidang pendidikan.

Marilah kita bersatu dalam tekad untuk memastikan bahwa setiap anak Indonesia dapat mengakses pendidikan yang layak dan bermutu.

Dengan memberikan pendidikan yang setara bagi semua, kita memperkuat jalinan sosial dan menciptakan masyarakat yang lebih adil.

Sekian pidato dari saya, terima kasih atas perhatiannya. Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.


Next Post Previous Post