Segera Daftar! Kemenhub Tambah Kuota Mudik Secara Gratis 2024, Berikut Caranya

(Foto oleh GeorginaCaptures dari iStockphoto)

Direktorat Jenderal Perhubungan Darat (Ditjen Hubdat) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) saat ini membuka kembali pendaftaran program mudik gratis menggunakan bus. Program ini menyediakan kuota untuk 10.000 orang untuk arus mudik dan balik Lebaran 2024/Idul Fitri 1445 Hijriah.

Program ini memberikan kesempatan bagi masyarakat yang ingin merayakan Lebaran dengan keluarga tanpa harus khawatir dengan biaya transportasi.

Selain itu, program ini juga dapat membantu mengurangi potensi kemacetan dan kepadatan lalu lintas selama arus mudik dan balik Lebaran, karena masyarakat yang menggunakan program ini akan menggunakan bus sebagai sarana transportasi.

Hal ini sejalan dengan upaya pemerintah untuk meningkatkan kenyamanan dan keamanan masyarakat dalam merayakan hari raya.

Pendaftaran untuk kuota tersebut dapat dilakukan mulai Sabtu, 30 Maret 2024 pukul 08.00 WIB melalui aplikasi MitraDarat. Pendaftaran akan ditutup ketika kuota telah terpenuhi.

Cara Pendaftaran Mudik Gratis Ditjen Hubdat

Proses pendaftaran mudik gratis Ditjen Hubdat dilakukan melalui aplikasi Mitra Darat. Caranya adalah sebagai berikut:

1. Unduh aplikasi Mitra Darat dari Google Play Store atau App Store.

2. Buka aplikasi dan daftar atau masuk ke akun Anda.

3. Pilih lokasi asal dan tujuan mudik.

4. Isi jumlah peserta mudik.

5. Lengkapi data peserta mudik sesuai dengan Nomor Induk Kependudukan (NIK).

6. Jika berhasil, Anda akan menerima kode booking untuk diubah menjadi e-ticket.

Berikut adalah daftar kota tujuan mudik gratis Ditjen Hubdat:

Jawa Timur: Tuban, Madiun, Malang, Surabaya, dan Tulungagung.

Jawa Barat: Garut, Tasik, dan Cirebon.

Sumatera: Lampung, Palembang, Bengkulu, dan Padang.

Kalimantan: Banjarmasin dan Pangkalan Bun.

Jawa Tengah: Pati, Blora, Tegal, Klaten, Jepara, Sragen, Demak, Cilacap, Boyolali, Solo, Wonogiri, Wonosari, Kebumen, Magelang, Semarang, Wonosobo, Yogyakarta, Purwokerto, dan Pekalongan.

Segera manfaatkan kesempatan ini untuk merencanakan mudik Lebaran dengan lebih nyaman dan hemat! Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat kembali membuka pendaftaran program mudik gratis menggunakan bus. 

Dengan kuota tambahan untuk 10.000 orang, program ini memberikan kesempatan bagi masyarakat yang ingin merayakan Idul Fitri 1445 Hijriah bersama keluarga tanpa harus khawatir dengan biaya transportasi.

Selain memberikan manfaat bagi individu, program ini juga diharapkan dapat membantu mengurangi potensi kemacetan dan kepadatan lalu lintas selama arus mudik dan balik Lebaran dengan mendorong penggunaan bus sebagai sarana transportasi. 

Jangan lewatkan kesempatan ini untuk merayakan Lebaran dengan lebih lancar dan aman!

Next Post Previous Post