2 Contoh Surat Permohonan Penurunan UKT yang Baik dan Sopan Mei 2024, Berikut Caranya

(Foto oleh JokoHarismoyo dari iStockphoto)

Contoh surat permohonan penurunan UKT dibutuhkan mahasiswa saat mengajukan kepada pihak Universitas. Surat ini dibuat dengan tujuan untuk memperoleh keringanan dalam hal pembayaran Uang Kuliah Tunggal (UKT).

Uang Kuliah Tunggal merupakan uang pokok kuliah yang wajib dibayarkan setiap semester. Dalam pendidikan Strata 1 yang ditempuh selama 8 semester berarti mahasiswa wajib membayar uang ini sebanyak 8 kali.

Surat pengajuan penurunan UKT bisa dibuat oleh mahasiswa yang mengalami kesulitan dalam hal ekonomi. Selanjutnya, surat tersebut akan ditinjau oleh pihak kampus untuk diberikan keputusan mengenai diterimanya atau tidak surat tersebut.

Surat ini termasuk dalam surat formal yang disusun dalam bahasa baku. Formatnya secara umum yakni meliputi kops surat, tempat dan tanggal, tujuan / penerima surat, isi surat dan penutup.

Isi surat mencakup informasi mengenai data mahasiswa secara lengkap berikut alasan permohonan penurunan UKT tersebut diajukan. Terkadang juga disertai dengan data dari orang tua. Di akhir terdapat tanda tangan mahasiswa yang bersangkutan yang diketahui oleh orang tua.

Dalam pembuatannya, surat permohonan ini biasanya disertai dengan lampiran yang berisi bukti terkait pengajuan penurunan UKT. Bukti tersebut bisa berupa surat penghasilan orang tua atau surat kematian dari pemerintah setempat dikarenakan orang tua sudah meninggal.

Contoh Surat Permohonan Penurunan UKT Terbaru Mei 2024

Berikut ini contoh surat pengajuan penurunan UKT yang baik dan sopan:

1. Contoh surat permohonan penurunan ukt dikarenakan orang tua sudah meninggal (template dikutip dari https://iainkendari.ac.id )

Lampiran : 1 Berkas 5 Mei 2024

Hal : Permohonan Keringanan Uang Kuliah Tunggal

Yth : Rektor IAIN Kendari

di - Kendari

Dengan Hormat,

Yang bertandatangan dibawah ini :

Nama : Saifullah

NIM : 1234567

Fakultas/Program Studi : Ilmu Agama/Tarbiyah

No. HP : 085678909876

Mengajukan permohonan keringanan Uang Kuliah Tunggal semester gasal tahun akademik 2020/2021 atas dampak bencana wabah pandemi covid-19 dengan alasan terkait status orang tua/wali, yang Meninggal dunia pada tahun 2022.

Sebagai bahan pertimbangan bersama ini kami lampirkan asli dokumen  Surat keterangan kematian orang tua dari pemerintah setempat.

Demikian permohonan kami, atas kebijakannya kami ucapkan terima kasih.

Hormat Saya Yang Mengajukan

Saifullah

2. Contoh surat permohonan penurunan ukt dikarenakan terdampak Covid-19 (template dikutip dari https://www.iainpare.ac.id)

SURAT PERMOHONAN KERINGANAN UKT

Kepada Rektor IAIN Parepare

Di Pare-Pare

Yang bertanda tangan di bawah ini

Nama : Hana Camelia

Nim :12345678

Program Studi : Pendidikan Agama Islam

Fakultas : FPIK

Semester : 1

Alamat : Jalan Katilang No 9 Pare-Pare
Nama Orang Tua/Wali : Baharudin
Pekerjaan Orang Tua/Wali :Petani
Dengan ini kami mengajukan permohonan keringanan pembayaran UKT semester genap tahun akademik 2024/2025 dikarenakan terdampak pandemik Covid-19.
Demikian permohonan ini kami buat dengan sebenar-benarnya dan penuh tanggung jawab.
Pare-Pare, 5 mei 2024

Yang mengajukan permohonan,
(Hana Camelia)

Mengetahui orang tua/wali mahasiswa
( Baharudin)
Next Post Previous Post