Dapat Saldo Rp.600ribu Gratis di Bulan Juni 2024? Cek Penerima Kartu Lansia Jakarta atau KLJ Tahap 2 2024 Mudah Lewat HP

(Foto oleh Evri Onefive dari iStockphoto)

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah meluncurkan program Kartu Lansia Jakarta (KLJ) sebagai bentuk dukungan kepada warga lanjut usia yang membutuhkan. Program ini bertujuan untuk memberikan bantuan sosial dalam bentuk uang tunai yang disalurkan setiap bulannya kepada para penerima manfaat. 

Pada tahun 2024, pemerintah kembali membuka tahap 2 penerimaan KLJ.

Bagi Anda yang ingin mengecek apakah termasuk dalam penerima KLJ Tahap 2 2024, berikut adalah langkah-langkah untuk melakukannya melalui HP Android secara online. 

Cara cek nama penerima Kartu Lansia Jakarta atau KLJ Tahap 2 2024 dengan HP Android akan dijelaskan di sini. Mengakses siladu.jakarta.go.id secara online adalah proses yang mudah dan praktis. 

Dilaporkan bahwa KLJ Tahap 2 2024 akan segera dibagikan kepada orang tua di DKI Jakarta setelah SK Gubernur resmi dikeluarkan. 

Selain itu, perlu dicatat bahwa Anies Baswedan, yang menjabat sebagai gubernur DKI dari tahun 2017 hingga 2022, memulai program bantuan yang dikenal sebagai KLJ, atau Kartu Lansia Jakarta. KLJ dibuat karena banyak kasus orang tua di DKI Jakarta yang kurang diperhatikan kesejahteraan mereka, terutama mereka yang memiliki keterbatasan.

Karena itu, KLJ saat ini ditujukan untuk orang tua dengan keterbatasan fisik, ekonomi, atau psikologis. Lansia yang telah terdaftar secara resmi di DTKS DKI Jakarta dapat menerima bantuan ini. Untuk KLJ Tahap 2 2024, SK Gubernur akan ditetapkan dan akan dicairkan pada akhir Mei 2024 atau paling lambat Juni 2024. Nama penerimanya dapat dilihat secara online di siladu.jakarta.go.id dengan cara berikut.

Syarat Daftar KLJ 2024

Syarat mendapatkan Kartu Lansia Jakarta yakni sebagai berikut.

Warga berusia 60 tahun ke atas. 

Lansia berekonomi rendah (dan harus terdaftar dalam Basis Data Terpadu) serta berkendala secara fisik atau psikologi.

Cara Daftar KLJ 2024


Unduh aplikasi Cek Bansos di ponsel.

Buka aplikasi Cek Bansos.

Siapkan NIK (Nomor Induk Kependudukan) dan KK (Kartu Keluarga)

Pilih menu Registrasi dan ikuti arahan yang ditunjukkan sampai selesai.

Setelah berhasil registrasi, klik menu Daftar Usulan untuk mendaftar DTKS terlebih dulu.

Cara daftar Kartu Lansia Jakarta bagi yang tidak terdaftar dalam Basis Data terpadu, namun memenuhi syarat sebagai penerima manfaat KLJ, dapat diusulkan melalui Mekanisme Pemutakhiran Mandiri (MPM) di kelurahan setempat.

Cara Cek Penerima KLJ 2024 Secara Online

1. Kunjungi link siladu.jakarta.go.id menggunakan HP atau komputer

2. Masukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) KTP lansia

3. Setelah itu, klik tombol 'Cek'.

4. Nantinya, sistem akan menampilkan informasi apakah pemilik KTP tercantum dalam DTKS atau tidak

Info Pencairan KLJ 2024

Berdasarkan informasi terakhir yang diunggah melalui akun Instagram @dinsosdkijakarta, Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta telah mencairkan bantuan sosial KLJ 2024 untuk 2 bulan.


Next Post Previous Post