Harga Kripto Hari Ini Rabu 22 Mei 2024, Harga Bitcoin Sedikit Turun

(Foto oleh bizoo_n dari iStockphoto)

Bitcoin dan deretan kripto lainnya mengalami penguatan cukup signifikan sejak Selasa, 21 Mei 2024. Harga Bitcoin sempat menyentuh USD 71.259 atau setara Rp 1,14 miliar (asumsi kurs Rp 16.004 per dolar AS).

Angka ini setara dengan 51% lebih tinggi secara year-to-date dan mendekati All-Time-High (ATH) Bitcoin di periode sebelumnya yakni USD 73.000. Lantas apa penyebab kenaikan pasar kripto dan bagaimana potensi pergerakan harga Bitcoin ke depan?

Crypto Analyst Reku, Fahmi Almuttaqin mengatakan kenaikan tersebut disebabkan oleh beberapa faktor, di antaranya adopsi investor institusi, perkembangan inflasi AS, serta optimisme terhadap akan disetujuinya ETF Ethereum spot. 

(Foto harga Bitcoin melalui laman Coinmarketcap)

Selain itu, Bitcoin sendiri memang sudah berada pada trek bullish yang mana main rally-nya secara historis memang biasanya dimulai antara 1-6 bulan setelah halving.

“Institusi ternama mulai dari Morgan Stanley, Millenium Management, hingga lembaga pengelola dana pensiun salah satu negara bagian di Amerika, Wisconsin, mulai melakukan pembelian Bitcoin melalui instrumen ETF Bitcoin spot,” kata Fahmi kepada Liputan6.com, Rabu (22/5/2024).

Fahmi menambahkan, kabar terkait adopsi institusi yang telah berlangsung selama satu dua bulan terakhir tersebut mulai diketahui publik dalam satu dua minggu terakhir melalui dokumen laporan yang disampaikan kepada SEC. 

Selain itu, data Indeks Harga Konsumen (CPI) AS minggu lalu yang mengindikasikan meredanya tekanan inflasi turut memberikan ketenangan lebih bagi para pelaku pasar upaya penurunan inflasi sudah berada pada jalur yang tepat. 

Anda tertarik membeli Bitcoin, dapat mengunjungi Indodax.

Next Post Previous Post