Ketahui Kelebihan dan Kekurangan Internet Starlink Sebelum Memakainya

(Foto halaman website dari starlink.com/id)

Starlink adalah salah satu provider milik Space-X yang menyediakan jaringan berbasis satelit.

Operasi Starlink dilakukan dengan memanfaatkan satelit yang ada di orbit rendah bumi, sehingga dapat memberikan akses internet dengan kecepatan tinggi di semua wilayah, termasuk Indonesia.

Namun, sebelum menggunakan Starlink, ada baiknya Anda mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan Starlink. Untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan starlink, simak ulasan berikut, ya.

Kelebihan Internet Starlink

Starlink cukup banyak dinantikan di Indonesia karena beberapa keuntungan saat menggunakan layanannya, di antaranya sebagai berikut.

1. Jangkauan Luas

Kelebihan pertama Starlink adalah memiliki jangkauan yang luas karena menggunakan satelit di luar angkasa.

Hal ini memungkinkannya untuk menyediakan jaringan di seluruh wilayah, bahkan pulau-pulau terpencil sekalipun.

Bagi Anda yang mencari provider yang bisa menjangkau seluruh daerah, Starlink dapat menjadi salah satu pilihan.

2. Kecepatan Tinggi

Selain aksesnya yang luas, Starlink juga mempunyai kecepatan jaringan yang tinggi dengan memanfaatkan satelit di orbit rendah bumi.

Anda tidak perlu khawatir, provider ini akan lambat karena telah didesain untuk menyediakan jaringan dengan kecepatan tinggi. 

Sangat cocok jika Anda membutuhkan koneksi internet yang cepat untuk berbagai keperluan, mulai dari pekerjaan hingga hiburan.

3. Tahan dan Stabil 

Satu lagi keunggulan Starlink adalah tahan dan stabil. Hal ini karena Starlink menggunakan satelit yang mengorbit di luar angka sehingga kinerja lebih stabil dibandingkan provider lainnya. 

Kekurangan Starlink

Meski memiliki beberapa kelebihan, Starlink juga memiliki beberapa kekurangan di antaranya sebagai berikut.

1. Harga Cukup Mahal
Karena menyediakan layanan internet dengan kecepatan tinggi dan jaringan satelit yang diorbit dari luar angkasa, maka tak heran jika Starlink dibandrol dengan harga tinggi.

Biaya langganan dan peralatannya yang cukup mahal, bisa saja menjadi pertimbangan besar sebelum menggunakan provider tersebut.

2. Keterbatasan Kapasitas
Meski dapat menjangkau semua daerah, kapasitas satelit Starlink cukup terbatas. Akibatnya, jika banyak orang yang menggunakan jaringannya dalam waktu bersamaan, kecepatan dan kualitas sinyalnya akan menurun.

Hal ini bisa menjadi pertimbangan bagi Anda sebelum menggunakannya, terlebih jika jaringannya akan dipakai oleh banyak orang.

3. Masalah Lingkungan
Jika banyak satelit yang diluncurkan ke luar angkasa dikhawatirkan hal tersebut akan menyebabkan polusi ruang angkasa hingga resiko tabrakan dengan sampah antariksa.

Hal ini menjadi salah satu perhatian sebagian orang karena peluncuran satelit yang bersamaan, tentu akan menimbulkan dampak lingkungan.

Demikianlah informasi mengenai kelebihan dan kekurangan starlink. Jika Anda tertarik dengan internet Starlink, dapat memesan melalui laman www.starlink.com/id
Next Post Previous Post