Kumpulan 15+ Contoh Soal Tes Wawancara PPS Pilkada 2024 dan Lengkap dengan Jawabannya

(Foto oleh mathisworks dari iStockphoto)

Setelah menyelesaikan tes tertulis, calon anggota PPS (Panitia Pemungutan Suara) akan melaju pada tahap selanjutnya, yakni wawancara. Untuk menghadapinya, yuk, pelajari beberapa contoh pertanyaan tes wawancara PPS Pilkada 2024 di bawah ini!

Berdasarkan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 8 Tahun 2022 tentang Pembentukan dan Tata Kerja Badan Adhoc Penyelenggara Pemilihan Umum dan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan Walikota dan Wakil Walikota, PPS panitia yang dibentuk KPU Kabupaten/Kota untuk menyelenggarakan pemilu dan pemilihan di tingkat kelurahan/desa atau yang disebut dengan nama lain.

Lebih lanjut, dalam Keputusan Komisi Pemilihan Umum Nomor 475 Tahun 2024, masa kerja PPS akan dimulai pada 26 Mei 2024 dan berakhir pada 27 Januari 2025. Artinya, anggota PPS akan bekerja selama kurang lebih delapan bulan.

Jadwal Seleksi PPS Pilkada 2024

Jadwal seleksi PPS Pilkada tercantum dalam Keputusan Komisi Pemilihan Umum Nomor 476 Tahun 2024 tentang Metode Pembentukan Panitia Pemilihan Kecamatan dan Panitia Pemungutan Suara dalam Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2024. Ini rinciannya:

  • Pengumuman pendaftaran: 2-6 Mei 2024
  • Penerimaan pendaftaran: 2-8 Mei 2024
  • Perpanjangan pendaftaran: 9-11 Mei 2024
  • Penelitian administrasi: 3-12 Mei 2024
  • Pengumuman hasil penelitian administrasi: 13-14 Mei 2024
  • Seleksi tertulis: 15-18 Mei 2024
  • Pengumuman hasil seleksi tertulis: 19-20 Mei 2024
  • Tanggapan dan masukan masyarakat: 13-20 Mei 2024
  • Wawancara: 21-23 Mei 2024
  • Pengumuman hasil seleksi 24-25 Mei 2024
  • Penetapan: 25 Mei 2024
  • Pelantikan: 26 Mei 2024

Materi Tes Wawancara PPS Pilkada 2024

Berdasarkan Keputusan Komisi Pemilihan Umum Nomor 476 Tahun 2022 tentang Pedoman Teknis Pembentukan Badan Adhoc Penyelenggara Pemilihan Umum dan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan Walikota dan Wakil Walikota, materi tes wawancara PPS kali ini terbagi atas empat materi besar.

Keempatnya adalah sebagai berikut:

1. Pengetahuan Kepemiluan
Teknis penyelenggaraan pemilu
Kelembagaan penyelenggara pemilu
Pengetahuan kewilayahan
Administrasi kepemiluan.

2. Komitmen yang Mencakup Integritas, Independensi, dan Profesionalitas
Integritas
Profesionalitas
Loyalitas
Visi

3. Rekam jejak calon anggota
Riwayat pengalaman kepemiluan
Riwayat pengalaman organisasi
Riwayat pengalaman kerja
Riwayat pendidikan.

4. Klarifikasi masukan dan tanggapan masyarakat
Nantinya, masyarakat akan diminta memberi masukan dan tanggapan terhadap salah satu calon. Informasi yang diberikan masyarakat ini juga menjadi salah satu komponen tentang layak tidaknya seorang calon diterima sebagai anggota.

Contoh Pertanyaan Tes Wawancara PPS Pilkada 2024

Soal-soal yang akan diujikan berputar pada materi-materi yang telah disebutkan sebelumnya. Perlu dicatat bahwa soal-soal di bawah ini tidak dijamin pasti keluar saat wawancara. Namun tidak ada salahnya untuk berlatih agar lebih siap. Berikut contoh soalnya:

1. Ceritakan diri Anda secara singkat!
Contoh jawaban: Nama saya (nama), dapat dipanggil (nama panggilan). Saya adalah lulusan (pendidikan terakhir) pada tahun (tahun). Saat ini, kegiatan utama sehari-sehari saya adalah (nama kegiatan).

Saya memiliki beberapa pengalaman organisasi selama menempuh pendidikan dahulu. Di antaranya adalah (pengalaman organisasi). Selain itu, saya juga aktif berkecimpung dalam kegiatan-kegiatan masyarakat seperti (nama kegiatan).

Saya melihat penyelenggaraan Pilkada 2024 sebagai momen yang tepat untuk memberikan kontribusi bagi bangsa dan negara. Selain itu, kegiatan lima tahunan ini juga dapat memberikan saya banyak pembelajaran.

2. Kapan Pilkada 2024 akan digelar?
Contoh jawaban: Jadwal Pilkada 2024 ada dalam PKPU Nomor 2 Tahun 2024. Untuk pemungutan suaranya sendiri akan digelar pada Rabu, 27 November 2024. Adapun tahapan keseluruhannya telah dimulai sejak Jumat, 26 Januari 2024.

3. Siapa saja yang dipilih pada Pilkada 2024?
Contoh jawaban: Dalam Pilkada 2024, yang akan dipilih adalah gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati, serta walikota dan wakil walikota.

4. Apa prinsip penyelenggaraan Pilkada 2024?
Contoh jawaban: Berdasar PKPU Nomor 2 Tahun 2024, ada 12 prinsip penyelenggaraan Pilkada 2024. Secara berurutan, prinsip-prinsipnya adalah mandiri, jujur, adil, berkepastian hukum, tertib, terbuka, proporsional, profesional, akuntabel, efektif, efisien, dan aksesibel.

5. Apa saja badan Adhoc yang berperan dalam Pilkada 2024?
Contoh jawaban: Badan Adhoc yang akan berperan adalah Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Panitia Pemungutan Suara (PPS), Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), dan Panitia Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih).

6. Coba jelaskan pengertian dari PPS
Contoh jawaban: PPS adalah akronim dari Panitia Pemungutan Suara. Panitia ini dibentuk oleh KPU Kabupaten/Kota untuk menyelenggarakan pemilu dan pemilihan di tingkat kelurahan/desa atau yang disebut dengan nama lain.

7. Satu tim anggota PPS terdiri dari berapa orang?
Contoh jawaban: Berdasar PKPU Nomor 8 Tahun 2022, anggota PPS terdiri dari 3 orang yang berasal dari tokoh masyarakat. Komposisi keanggotaannya memperhatikan keterwakilan perempuan paling sedikit 30%. Tiga orang ini terbagi atas 1 ketua merangkap anggota dan 2 orang anggota.

8. Berapa lama anggota PPS bekerja dalam Pilkada 2024?
Contoh jawaban: PPS akan bekerja selama kurang lebih 8 bulan, terhitung mulai 26 Mei 2024 sampai 27 Januari 2025.

9. Di kecamatan asal Anda, ada berapa desa?
Contoh jawaban: Di kecamatan asal saya, ada total (jumlah desa). Nama dari masing-masing desa tersebut adalah (sebutkan nama masing-masing desa).

10. Apa motivasi Anda mendaftar PPS Pilkada 2024?
Contoh jawaban: Saya bergabung dengan PPS Pilkada 2024 karena ingin memberikan kontribusi nyata bagi bangsa dan negara. Selain itu, saya berharap bisa mendapatkan pengalaman yang berharga ketika berproses bersama tim PPS 2024.

11. Apa saja pengalaman organisasi yang Anda ikuti?
Contoh jawaban: Saya memiliki beberapa pengalaman organisasi, baik sebagai ketua maupun staff. (Rincikan pengalaman organisasi yang pernah diikuti sebelumnya).

12. Apakah Anda pernah bertugas sebagai bagian penyelenggara pemilu atau pilkada sebelum ini?
Contoh jawaban: Saat Pilkada (tahun), saya berperan sebagai (nama jabatan). Saat itu, saya bertugas dan berwenang untuk (tugas dan wewenang yang pernah diemban). Saya yakin, pengalaman tersebut dapat membantu saya untuk mengemban tugas dalam Pilkada 2024.

13. Sebutkan tahapan penyelenggaraan Pilkada 2024 dari KPU!
Contoh jawaban: Secara garis besar, Pilkada 2024 tersusun atas dua tahapan, yakni persiapan dan penyelenggaraan. Dirinci lebih lanjut, sampai pada tahapan pengusulan pengesahan pengangkatan calon terpilih ada 10 rangkaian.

14. Jelaskan tugas dan kewajiban anggota PPS dalam Pilkada 2024?
Contoh jawaban: Dalam pasal 22 PKPU Nomor 8 Tahun 2022, tugas dan kewajiban anggota PPS Pilkada 2024 adalah membantu ketua PPS dalam melaksanakan tugas, melaksanakan tugas sesuai peraturan perundang-undangan, dan memberikan pendapat dan saran kepada ketua PPS.

15. Berapa lama batas waktu penyampaian laporan pertanggungjawaban anggaran kepada KPU Kabupaten/Kota?
Contoh jawaban: Waktu paling lama untuk menyusun dan menyampaikan laporan pertanggungjawaban pelaksanaan anggaran kepada KPU Kabupaten/Kota adalah 45 hari setelah pemungutan suara.

16. Jelaskan alasan Anda pantas untuk dipilih sebagai anggota PPS?
Contoh jawaban: Saya memiliki pengalaman dalam penyelenggaraan (pemilu atau pilkada). Selain itu, saya adalah orang bermotivasi kuat, memiliki integritas yang tinggi, jujur, dan siap berkorban lebih untuk penyelenggaraan Pilkada 2024 yang baik.

17. PPS bertugas membentuk KPPS, apa itu KPPS?
Contoh jawaban: KPPS adalah akronim dari Komisi Penyelenggara Pemungutan Suara. KPPS dibentuk oleh PPS dengan tugas melaksanakan pemungutan suara di tempat pemungutan suara.

18. PPS memiliki kewenangan untuk mengusulkan calon Pantarlih kepada KPU Kabupaten/Kota. Jelaskan apa itu Pantarlih!
Contoh jawaban: Pantarlih adalah singkatan dari Petugas Pemutakhiran Data Pemilih. Pantarlih dibentuk oleh PPS untuk melakukan pendaftaran dan pemutakhiran data pemilih pada tahapan pemilu maupun pemilihan.

19. Apakah anggota PPS memiliki hak untuk membuka kotak suara setelah disegel?
Contoh jawaban: PPS bertugas untuk menjaga dan mengamankan keutuhan kotak suara setelah penghitungan suara dan setelah kotak suara disegel. Setelahnya, PPS mesti meneruskan kepada PPK pada hari yang sama. Dalam prosesnya, PPS tidak berwenang untuk membuka kotak suara yang sudah disegel KPPS.

20. Cara apa yang akan Anda pakai untuk melakukan sosialisasi terkait Pilkada 2024?
Contoh jawaban: (jelaskan strategi Anda untuk melakukan sosialisasi, semisal dengan penyuluhan atau diskusi)
Next Post Previous Post