5 Tips Mendapatkan Modal Usaha untuk Kegiatan Bisnis Anda di Tahun 2024, Berikut Caranya

(Foto oleh Gratsias Adhi Hermawan dari iStockphoto)
Memiliki usaha sendiri di tahun 2024 menjadi impian sebagian besar orang. Namun, mencapainya tidak pernah menjadi hal yang gampang. 

Banyak sekali hal dan tantangan luar biasa yang harus dipertimbangkan sebelum menjalani suatu bisnis, salah satunya adalah modal. Sayangnya, tak sedikit orang yang masih beranggapan bahwa membuka usaha membutuhkan modal yang cukup besar.

Modal usaha adalah uang yang digunakan sebagai pokok atau induk untuk berdagang, melepas uang dan sebagainya; harta benda (uang, barang dan sebagainya) yang dapat dipergunakan untuk menghasilkan sesuatu untuk menambah kekayaan.

Apa saja Jenis-Jenis Modal Usaha yang Paling Umum?

(Foto oleh Iqbal Nuril Anwar dari iStockphoto)
Jenis modal usaha adalah segala sumber daya yang dibutuhkan untuk menjalankan suatu usaha. Modal tidak harus selalu berbentuk uang tunai dalam jumlah besar. . Jenis-jenis modal usaha yang paling umum adalah:

1. Modal Utang: Modal yang dipinjam dari sumber lain, seperti pinjaman dari lembaga keuangan, perusahaan lain, atau pemerintah.

2. Modal Kerja: Modal yang digunakan untuk memproduksi barang dan jasa, seperti modal sumber daya manusia, modal kekayaan intelektual, modal keuangan, dan sebagainya.

3. Modal Ekuitas: Modal yang berasal dari pemilik usaha sendiri, seperti modal yang berasal dari uang sendiri atau aset yang dimiliki.

4. Modal Lancar: Modal yang langsung habis saat digunakan, seperti bahan baku yang digunakan untuk memproduksi produk.

Dalam beberapa kasus, modal juga dapat dibagi menjadi beberapa kategori lain, seperti modal aktif dan modal pasif, modal keuangan, modal reputasi, dan sebagainya.

Apa saja Strategi untuk Mengumpulkan Modal Usaha Awal?

(Foto oleh melimey dari iStockphoto)
Strategi modal usaha adalah serangkaian tindakan yang dilakukan untuk mendapatkan, mengelola, dan menggunakan modal usaha secara efektif dalam menjalankan dan mengembangkan bisnis. Strategi untuk mengumpulkan modal usaha dapat dilakukan dengan beberapa cara berikut:

1. Pembiayaan Sendiri: Menggunakan dana pribadi untuk membiayai usaha.

2. Modal dari Keluarga dan Teman: Mendapatkan bantuan dari keluarga dan teman untuk membiayai usaha.

3. Pinjaman dari Bank atau Koperasi: Mengajukan pinjaman ke bank atau koperasi dengan mempersiapkan dokumen yang diperlukan.

4. Investor: Mendapatkan dana dari investor melalui program inkubator bisnis, crowdfunding, atau peer-to-peer lending.

5. Kredit Usaha Rakyat: Mendapatkan bantuan dari pemerintah melalui program Kredit Usaha Rakyat.

Mengenal Platform KTA GO untuk Modal Usaha di Tahun 2024, Cepat dan Mudah serta Biaya Ringan

(Foto halaman website dari KTA GO Fintech)
Call Center KTA Go adalah platform yang memberikan sebuah opsi yang umum digunakan oleh pengusaha muda untuk mendapatkan modal bisnis dan usaha Anda di tahun 2024. Call Center KTA GO secara langsung dapat memberikan bantuan kepada masyarakat Indonesia dalam memenuhi kebutuhan finansial dalam pengembangan awal kegiatan Bisnis Anda secara mudah, cepat dan tepat.

Bagaimana Cara Menghubungi Call Center KTA Go?

(Foto halaman website dari KTA GO Fintech)
Dapatkan bantuan untuk memulai bisnis dan usaha kecil dengan KTA GO, hubungi Call Center KTA GO,  Anda bisa mendapatkan bantuan melalui WhatsApp dengan menghubungi :

Next Post Previous Post