Cara Cek Keaslian Emas Antam Logam Mulia Terbaru 2024, Berikut Penjelasannya

(Foto cara membedakan emas antam asli melalui laman Instagram)
Emas Antam adalah produk keuangan yang sangat dihargai dan digunakan sebagai instrumen investasi serta penyimpanan nilai. Diproduksi oleh PT Aneka Tambang Tbk (ANTAM), perusahaan pertambangan negara Indonesia, emas Antam terkenal karena kemurnian yang sangat tinggi, yaitu 99,99%. 

Produk ini umumnya tersedia dalam beberapa berat, mulai dari 1 gram hingga 1 kilogram, membuatnya sesuai untuk berbagai kebutuhan investor. 

Emas Antam disertai dengan sertifikat resmi dan segel keamanan yang memverifikasi autentisitasnya, serta relatif mudah diperdagangkan di pasar emas Indonesia, membuatnya likuid dan dapat diuangkan. 

Harga Emas Antam dipublikasikan setiap harinya oleh PT ANTAM, membuat harga menjadi transparan. Emas Antam telah menjadi salah satu instrumen investasi yang paling diandalkan dan stabil di Indonesia, digunakan untuk melindungi nilai investasi dari inflasi dan memantau perubahan nilai investasi dengan mudah.

Cara Cek Keaslian Emas Antam Logam Mulia Terbaru 2024, Simak Penjelasannya melalui Video Berikut

Berdasarkan situs resmi Logam Mulia (LM), dijelaskan bahwa ada beberapa cara untuk membedakan emas asli dan palsu. 

Baik yang diperdagangkan melalui toko perhiasan maupun secara daring. Adapun caranya, yaitu :

1. Cek tampilan fisik

Emas murni memiliki cap yang menampilkan kadar kemurnian atau fineness. Serta, bobot gram dari emas tersebut. Termasuk, logo perusahaan dan jumlah kadar sebesar 999.9 persen di permukaan emas.

Asisten Regional Manager Galeri24 Regional 7 Surabaya, Ruli Muttaqin menjelaskan, Galeri24 sebagai anak perusahaan PT. Pegadaian yang menyediakan penjualan LM berupaya memastikan emas yang dijual benar-benar asli dengan melakukan quality control sebelum dilepas ke pasaran, termasuk LM merk Antam.

‘’Biasanya kami lakukan pengujian barang dan memurnikan emas untuk memastikan kadarnya sesuai atau tidak,’’ ujarnya saat dikonfirmasi, Senin (3/6).

2. Cek kemasan emas

Produk emas Antam LM yang asli dijual dalam kondisi yang baik dan tidak ada cacat. Kemasan dirancang agar menjaga emas tidak terkena kotoran dengan bentuk CertiCard. 

Adapun CertiCard juga bisa menjadi bukti keaslian emas. Yakni, dengan mengunduh aplikasi CertiEye di App Store maupun Play Store. Kemudian, pindai QR Code yang ada di bagian bawah kemasan CertiCard Antam LM.

Sedangkan, untuk produk Antam LM klasik atau retro, masyarakat dapat mengecek keasliannya dengan cara menyinari sertifikatnya menggunakan sinar UV. Bila emas asli, maka akan muncul hologram khusus.

Next Post Previous Post