Kurs Dolar-Rupiah Hari Ini, Bank BCA, BRI, Sabtu 8 Juni 2024, 1 Dolar Masih Stabil Rp 16 Ribu

(Foto harga KURS Dolar-Rupiah dari Google Finansial)
Pelemahan rupiah terus berlanjut sejak pertengahan Mei lalu. Mata uang Garuda, hari ini, Kamis (6/6/2024), terpantau dibuka melemah di level Rp 16.280 terhadap dolar Amerika Serikat (AS). Ini pelemahan terdalam sejak empat tahun yang lalu. Padahal, pasar dibayangi berbagai sentimen posotif.

Adapun, Presiden Joko Widodo atau Jokowi sebelumnya mengungkapkan terdapat tiga hal yang ditakuti negara-negara di seluruh dunia. Salah satunya berkaitan dengan kurs di mana dolar AS begitu perkasa.

(Foto kurs Dolar-Rupah melalui bank BRI)
"Begitu kuat dolar AS, hati-hati ada harga yang akan naik. Kalau kuat rupiah, harga barang yang utamanya impor jauh lebih murah. Ini yang ditakuti semua negara, kurs," kata Jokowi dalam pelantikan pimpinan pusat GP Ansor Masa Khidmah 2024-2029 di Istora Senayan, Jakarta Pusat, beberapa waktu (27/5/2024).
(Foto KURS Dolar-Rupiah dari Bank BCA)
"Kemarin kita agak ngeri juga waktu kurs rupiah ke dolar AS melompat di atas Rp16 ribu, Rp16.200. Kita sudah mulai ketar-ketir karena negara lain juga melompat lebih dari itu," lanjutnya.

Menurut Bank Indonesia (BI), rupiah melemah akibat penutupan non-delivery forward rupiah yang melemah tajam di pasar New York.

Next Post Previous Post