Pemadaman Listrik di Sumatera Berangsur Pulih, 2,5 Juta Pelanggan PLN Kembali Normal

(Foto oleh Muhammad Arie dari iStockphoto)
Listrik padam di wilayah Sumbar sejak Selasa (4/6/2024) hingga Rabu (5/6/2024) pagi, telah mencapai lebih dari 10 jam. Saat ini, masih terdapat 40 persen pelanggan lagi yang listriknya masih belum menyala.

PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Sumatera Barat mengungkapkan bahwa pihaknya terus berupaya memulihkan gangguan yang terjadi pada jaringan transmisi Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET) 275 kV Linggau-Lahat, sejak Selasa (4/6/2024).

Sistem transmisi yang terganggu ini merupakan jaringan interkoneksi yang terhubung dengan sejumlah wilayah di Sumatera.

Manager Komunikasi & TJSL Unit Induk Distribusi Sumbar Yeni Elfina menyebutkan bahwa hingga Rabu (5/6) pukul 07:30 WIB, kondisi kelistrikan di sebagian wilayah di Sumbar telah berangsur normal.

"Hampir 60% atau lebih dari 900 ribu pelanggan di wilayah tersebut telah kembali menikmati aliran listrik," ungkap Yeni Elfina.

Menurutnya, proses pemulihan dilakukan secara bertahap. PLN menerjunkan ratusan petugas yang bersiaga di lapangan dan pusat kontrol untuk memulihkan seluruh sistem secepatnya.

Lebih lanjut disampaikan Yeni, padamnya jaringan transmisi dengan beban tinggi menyebabkan pembangkit listrik ikut padam secara otomatis. Maka, hal itu memerlukan waktu untuk proses penyalaan kembali, terutama PLTU.

Dalam proses pemulihan ini diperlukan manajemen pengaturan beban untuk menjaga kestabilan listrik pada wilayah terdampak.

"PLN memohon maaf atas ketidaknyamanan yang dialami pelanggan akibat gangguan ini. Penormalan kelistrikan di wilayah yang terdampak sedang diupayakan secepatnya," ujar Yeni.

Next Post Previous Post