Cara Melaporkan Gangguan Listrik dengan Cepat Melalui Aplikasi PLN Mobile

(Foto Aplikasi dari PLN Mobile oleh Perusahaan Listrik Negara)

PLN adalah singkatan dari "Perusahaan Listrik Negara." PLN adalah perusahaan milik pemerintah di Indonesia yang bertanggung jawab atas produksi, distribusi, dan pengelolaan energi listrik di seluruh Indonesia.

Sebagai perusahaan listrik nasional, PLN memiliki peran krusial dalam menyediakan listrik untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, industri, dan sektor lainnya.

Beberapa fungsi utama PLN melibatkan:

1.  Produksi Energi Listrik : PLN terlibat dalam pembangkitan energi listrik melalui berbagai sumber, termasuk pembangkit listrik tenaga air (PLTA), pembangkit listrik tenaga panas bumi (PLTP), pembangkit listrik tenaga gas (PLTG), dan lainnya.

2.  Distribusi Listrik : PLN bertanggung jawab atas distribusi listrik dari pusat pembangkit ke konsumen melalui jaringan transmisi dan distribusi. Ini melibatkan penyediaan dan pemeliharaan infrastruktur listrik yang melibatkan jaringan kabel, tiang listrik, gardu listrik, dan lainnya.

3.  Pelayanan Pelanggan : PLN menyediakan layanan pelanggan terkait dengan pasokan listrik, termasuk pendaftaran, pemutusan sementara atau pemulihan pasokan, dan layanan pelanggan lainnya.

4.  Proyek Infrastruktur : PLN terlibat dalam merencanakan dan melaksanakan proyek-proyek infrastruktur untuk meningkatkan kapasitas dan kehandalan penyediaan listrik di seluruh Indonesia.

5.  Pengembangan Energi Terbarukan : Seiring dengan kesadaran tentang keberlanjutan, PLN juga terlibat dalam pengembangan dan pemanfaatan energi terbarukan seperti energi surya dan energi angin.

6.  Pemantauan dan Manajemen Beban : PLN harus memantau dan mengelola beban listrik secara efisien agar dapat memenuhi kebutuhan energi listrik seiring dengan pertumbuhan konsumsi.

PLN berperan sebagai entitas strategis dalam pembangunan dan keberlanjutan Indonesia dengan menyediakan pasokan listrik yang andal dan berkelanjutan. Perusahaan ini bekerja sama dengan pihak swasta dan pihak lainnya untuk meningkatkan infrastruktur listrik nasional.

Cara Melaporkan Gangguan Listrik Mudah dan Cepat Melalui Aplikasi PLN Mobile

Dilansir dari laman resminya, bagi pelanggan yang ingin melaporan gangguan layanan kelistrikan melalui PLN Mobile, ada dua opsi yang dapat ditempuh. Pertama dengan menggunakan identitas pelanggan terdaftar (ID Pelanggan) atau nomor meteran. Kedua dengan menggunakan titik lokasi.

Adapun cara melaporkan gangguan listrik lewat PLN Mobile dengan menggunakan ID Pelanggan/No Meter yakni sebagai berikut:

  • Buka aplikasi PLN Mobile. jika belum ada, Anda dapat mengunduhnya Disini
  • Login dengan akun Anda yang telah terdaftar di aplikasi PLN Mobile.
  • Klik menu “Pengaduan” di halaman depan aplikasi.
  • Pilih jenis pengaduan yang ingin diajukan.
  • Di kolom yang disediakan, masukkan ID pelanggan yang ingin diadukan.
  • Anda juga dapat memasukkan ID pelanggan atau nomor meter lain.
  • Jika pelanggan tidak mengetahui nomor ID pelanggan, maka cukup tunjukkan lokasi melalui map yang disediakan.
  • Tentukan lokasi, kemudian klik “Konfirmasi”. Isikan data lokasi yang sesuai, kemudian pilih tombol “LANJUTKAN”.
  • Lampirkan foto kendala (bila ada), dan input deskripsi laporan, lanjutkan dengan memilih “KIRIM PENGADUAN”.
  • Pelanggan akan menerima Nomor Laporan dengan format: Gxxxxx.
  • Pilih “OK” sehingga laporan diteruskan ke pihak terkait, sementara layar gawai diteruskan ke halaman “Riwayat Pengaduan”.
  • Selanjutnya, pelanggan tinggal melacak status penanganan gangguan yang dilakukan oleh petugas PLN terhadap laporan secara real time. Mulai dari waktu laporan diterima, status petugas menuju lokasi gangguan, status pekerjaan penanganan gangguan oleh petugas hingga status permasalahan pelanggan selesai diatasi.

Selain melalui aplikasi PLN Mobile, pelanggan juga dapat mengajukan pengaduan PLN melalui Contact Center PLN melalui sambungan telepon di nomor 123. Pelanggan juga bisa menghubungi akun resmi Contact Center PLN untuk melakukan pengaduan layanan. Pelanggan dapat memilih salah satu akun media sosial Contact Center PLN. Ada Twitter di @pln_123, Facebook PLN 123, Instagram @pln123_official, maupun E-mail di pln123@pln.co.id.

Next Post Previous Post