PDF Pengumuman Kelulusan CPNS Setjen DPR RI 2023, Selamat bagi peserta yang lulus!

(Foto pengumuman resmi CPNS 2023 untuk instansi Dewan Perwakilan Rakyat)

DPR adalah singkatan dari Dewan Perwakilan Rakyat. DPR adalah lembaga hukum yang menjadi perwakilan rakyat di Indonesia, DPR memiliki peran dalam pembuatan undang-undang, pengawasan pemerintah, dan mewakili suara rakyat. DPR terdiri dari anggota-anggota yang dipilih melalui pemilihan umum. Jumlah anggota DPR saat ini adalah 575 orang. 

Anggota DPR berasal dari berbagai partai politik yang mendapatkan kursi dalam pemilihan umum. Tugas utama DPR adalah membuat undang-undang. Selain itu, DPR juga memiliki peran penting dalam pengawasan terhadap kebijakan pemerintah dan mewakili suara rakyat di tingkat nasional. 

DPR memiliki kewenangan untuk mengajukan, membahas, mengubah, dan mengesahkan undang-undang. Proses pembentukan undang-undang melibatkan DPR baik di tingkat komisi maupun dalam rapat paripurna. 

Setelah disepakati oleh DPR, undang-undang akan diajukan ke Presiden untuk ditandatangani menjadi undang-undang. Selain membuat undang-undang, DPR juga memiliki peran penting dalam pengawasan terhadap kebijakan pemerintah. 

DPR dapat melakukan pengawasan melalui mekanisme tanya jawab, interpelasi, hak angket, dan sejumlah alat pengawasan lainnya. DPR juga berfungsi sebagai wakil dari rakyat yang dipilih melalui pemilihan umum. Anggota DPR dipilih oleh rakyat dan bertugas untuk mewakili suara, kepentingan, dan aspirasi rakyat di tingkat nasional.

Bagi Anda yang pernah mengikuti tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Sekretariat Jenderal Dewan Perwakilan Rakyat (Setjen DPR RI) tahun 2023, maka hasilnya kini telah diumumkan.

Anda dapat melihat hasil pengumuman kelulusan CPNS Setjen DPR RI 2023 di laman SSCASN.

Selain itu, pengumuman hasil kelulusan CPNS Setjen DPR RI 2023 juga dapat dilihat melalui laman https://www.dpr.go.id/cpns.

Berikut ini daftar link untuk melihat pengumuman hasil kelulusan CPNS Setjen DPR RI 2023:

- Pengumuman hasil kelulusan CPNS Setjen DPR RI 2023: Link

- Pengumuman hasil kelulusan CPNS Setjen DPR RI 2023: Link

Kode Peserta Lulus Seleksi CPNS Setjen DPR RI 2023


Peserta yang dinyatakan lulus seleksi CPNS Setjen DPR RI 2023 ditandai dengan kode P/L.

Kode P artinya peserta telah lulus Seleksi Kompetensi dasar (SKD) berdasarkan nilai ambang batas dan peringkat terbaik, sementara kode L berarti lulus seleksi CPNS.

Adapun berikut ini sejumlah kode lain dan artinya yang ada dalam pengumuman CPNS 2023:

- Kode P: Lulus SKD berdasarkan nilai ambang batas dan peringkat terbaik berdasarkan Keputusan Menpan RB No 651 Tahun 2023

- Kode L: Lulus seleksi CPNS

- Kode L-1: Lulus seleksi CPNS setelah perpindahan formasi antara jenis formasi dalam jabatan/pendidikan yang sama

- Kode L-2: Lulus seleksi CPNS setelah perpindahan formasi antara lokasi formasi dalam jabatan/pendidikan yang sama

- Kode TL: Tidak lulus karena tidak masuk peringkat dalam formasi

- Kode TH: Dinyatakan tidak hadir pada salah satu/beberapa/semua tahapan SKB yang disyaratkan instansi ataupun PANSELNAS

- Kode TMS: Gugur dikarenakan tidak memenuhi syarat yang ditentukan oleh instansi

- TMS 1: Gugur dikarenakan tidak memenuhi syarat pada salah satu/beberapa/semua tahapan SKB yang disyaratkan instansi ataupun PANSELNAS

- APS: Peserta yang mengajukan pengunduran diri

Sanggah Hasil Kelulusan CPNS Setjen DPR RI 2023

Peserta yang dinyatakan tidak lulus karena tidak masuk peringkat dalam formasi, namun memiliki bukti pendukung yang sah dan sesuai, dapat melakukan sanggahan terhadap hasil kelulusan CPNS Setjen DPR RI 2023.

Next Post Previous Post