Viral! Kahiyang Ayu Bagi Tips Diet yang Bikin Turun BB 30 Kilogram

(Foto kahiyangayu melalui laman Instagram)

Diet adalah jumlah makanan yang dikonsumsi oleh seseorang atau organisme tertentu. Jenis diet sangat dipengaruhi oleh latar belakang asal individu atau keyakinan yang dianut. Walaupun manusia pada dasarnya adalah omnivora, suatu kelompok masyarakat biasanya memiliki preferensi atau pantangan terhadap beberapa jenis makanan. 

Dalam bahasa Indonesia, kata diet lebih sering ditujukan untuk menyebut suatu upaya menurunkan berat badan atau mengatur pola makan untuk tujuan kesehatan. Diet pada dasarnya bukan hanya membatasi asupan makanan, namun makan sesuai dengan kebutuhan kalori. Beberapa gejala yang mungkin menyertai cara diet yang keliru antara lain pingsan, pusing, lemas, dan malagizi.

 Kahiyang Ayu, putri satu-satunya Presiden Joko Widodo, baru-baru ini membagikan potret terbarunya. Dia nampak lebih langsing setelah berhasil menurunkan berat badan 30 kilogram. Apa rahasia dietnya?

Lewat unggahan di akun Instagram, Kahiyang menyebut bahwa keberhasilan dietnya itu merupakan salah satu pencapaian personalnya pada 2023. 

"Alhamdulillah sudah turun 30 kg (sebuah prestasi dalam hidup)," tulis Ibu Walikota Medan tersebut. 

Kahiyang juga tak malu berbagi soal motivasinya melakukan diet ketat. Wanita berusia 32 tahun tersebut menyebut bahwa dia kerap mengalami body-shaming, baik dari orang yang tak dikenal maupun orang dekat di sekelilingnya. 

"Kenapa akhirnya diet? Menepati sebuah janji buat diet dan karena sudah capek aja kena hina (sama yang kenal dan enggak kenal sekalipun) gara-gara badan gemoy," kata ibu tiga anak tersebut. 

Kahiyang mengaku pernah melewati fase di mana dia merasa nyaman dengan tubuhnya, meski menurut standar banyak orang tubuhnya itu sudah terlalu gemuk. Namun, pada akhirnya, dia memutuskan untuk diet ketat karena berat badannya yang makin sulit terkontrol. 

Lalu, apa rahasia diet Kahiyang?

"Kalau ditanya, dietnya susah enggak? Jawabannya sih, enggak. Yang susah itu nyari niat buat diet dan konsisten buat diet. Aku butuh 5 tahun buat mencari niat."

"Aku cerita gini cuma mau berbagi saja, bukan buat pamer atau bahkan menghina, yang terpenting kita sehat dan lebih mencintai diri sendiri," tutupnya. 

Diet paling efektif menurut sains

Ada banyak metode diet yang dipercaya efektif menurunkan berat badan, mulai dari diet karbo, diet rendah lemak, diet keto, hingga diet vegan. Namun, dari banyaknya metode diet tersebut, manakah yang terbukti efektif menurut sains?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, Dr. David Katz dan Stephanie Meller dari Yale University melakukan penelitian yang telah dipublikasikan dalam paper berjudul "Can We Say What Diet Is Best for Health?". Dalam penelitian tersebut, mereka membandingkan sejumlah metode diet: diet rendah karbohidrat, diet rendah lemak, diet rendah gula, diet Mediterania, diet campuran/seimbang (DASH), diet paleolitik, diet vegan, dan elemen diet lainnya.

Hasilnya, Katz dan Meller menyimpulkan bahwa tidak ada satu pun metode diet yang paling berhasil, namun mereka menemukan ada elemen umum dalam pola makan yang terbukti bermanfaat bagi kesehatan. Elemen tersebut adalah hanya mengonsumsi makanan segar, bukan makanan olahan atau siap saji.

"Diet makanan yang dekat dengan alam, terutama sayur dan buah, sangat terkait dengan peningkatan kesehatan dan pencegahan penyakit," ujar Katz, dikutip The Atlantic.

Next Post Previous Post