Alhamdulillah! BLT Mitigasi Rp600 Ribu Lewat PT Pos Indonesia Sudah Mulai Dicairkan, Cek Daerah Disini

(Foto oleh Joko Prasetyo dari iStockphoto)

Informasi seputar penyaluran bantuan sosial (bansos) tahun 2024 bisa disimak dalam informasi ini.

Penyaluran bansos PKH dan BPNT yang masuknya melalui PT Pos Indonesia, per hari ini, Jumat, 16 Februari 2024 beberapa wilayah sudah mulai kembali menyalurkan bansos.

Bahkan di beberapa wilayah lainnya tampaknya penyaluran bansos kembali sudah mulai dicairkan sejak kemarin pada Jumat, 16 Februari 2024.

Bagi para keluarga penerima manfaat (KPM) yang belum mendapatkan undangan dari pihak PT Pos Indonesia terkait penyaluran bansos PKH dan BPNT harap bersabar.

Bisa jadi saat ini masih dalam proses pendistribusian undangan, karena di beberapa wilayah sudah banyak yang melakukan penyaluran bansos.

Perlu diketahui bahwa bansos yang cair melalui PT Pos Indonesia saat ini merupakan PKH tahap 1 tahun 2024 untuk alokasi tiga bulan yaitu bulan Januari-Maret 2024.

Sementara untuk bansos BPNT yang disalurkan melalui PT Pos Indonesia untuk alokasi satu bulan yaitu bulan Januari 2024.

Pemerintah telah memastikan bahwa akan disalurkan bansos tambahan pengganti BLT El Nino yakni BLT Mitigasi Risiko Pangan.

Para KPM akan menerima uang tunai sebesar Rp200 ribu untuk alokasi tiga bulan yaitu bulan Januari-Maret 2024, sehingga total akan menerima bansos sebesar Rp600 ribu.

Kabarnya BLT Mitigasi Risiko Pangan sudah mulai dicairkan per hari ini, benarkah?

(Foto oleh Galih Yoga dari iStockphoto)

YouTube Pendamping Sosial pada Jumat, 16 Februari 2024, sebelumnya pemerintah memastikan bahwa penyaluran BLT Mitigasi Risiko Pangan akan dicairkan di bulan Februari, tetapi tanggalnya belum dipastikan.

Namun ada KPM yang menginformasikan bahwa dirinya mendapatkan undangan pencairan bansos PKH dan BPNT melalui PT Pos Indonesia.

Menariknya dalam undangan tersebut tertulis pencairan bansos PKH, BPNT, dan bagian bawahnya bansos BLT MRP.

BLT MRP ini merupakan singkatan dari BLT Mitigasi Risiko Pangan. Hal ini berarti di sejumlah wilayah untuk BLT Mitigasi Risiko Pangan ini sudah mulai disalurkan melalui PT Pos Indonesia.

Namun, belum bisa dipastikan daerah mana saja yang sudah mulai akan dicairkan bansos tambahan dari pemerintah.

Akan tetapi untuk memastikan kabar tersebut, alangkah lebih baiknya sabar menunggu adanya edaran undangan pencairan dari PT Pos Indonesia.

Sementara bagi yang disalurkan melalui kartu KKS bank himbara harap bersabar karena menurut informasi saat ini masih dalam proses.

Jika dilihat dari update SIKS-NG, untuk kolom BLT Mitigasi Risiko Pangan belum muncul, kenapa demikian?

Biasanya, untuk penyaluran bansos seperti BLT tambahan yang tidak termasuk dalam bansos regular, maka datanya akan mulai update di SIKS-NG ketika bantuan sosial tersebut by name by address sudah diterbitkan.

Berbeda dengan bansos regular seperti PKH dan BPNT yang mana update di SIKS-NG sangat cepat.

Cara mengecek Bantuan Sosial (bansos) Bantuan Langsung Tunai (BLT) Mitigasi Risiko Pangan 2024

Cara mengecek Bantuan Sosial (bansos) Bantuan Langsung Tunai (BLT) Mitigasi Risiko Pangan 2024 yang direncanakan digelontorkan pada bulan Februari ini sangat gampang. Kamu bisa mengecek bansos BLT Mitigasi Risiko Pangan ini dari handphone. 

Yakni dengan cara sebagai berikut: 

  • Kunjungi halaman cek bansos di cek.bansos.kemensos.go.id
  • Masukkan data tempat tinggal kamu, yakni meliputi provinsi, kabupaten, kecamatan, hingga desa. Masuka nama kamu di kolom yang tersedia. 
  • Masukkan kode verifikasi yang tersedia Kemudian tekan cari data. 
  • Apabila semua data sudah diisi, nantinya kamu akan diarahkan ke sistem yang memberikan informasi data KPM lengkap dengan bantuan yang diterima beserta penyalurannya.

Next Post Previous Post