Daftar KIP Kuliah atau SNBP 2024, Mana yang Harus Didahulukan? Jangan Sampai Salah, Simak Aturannya Menurut Kemendikbud Ristek

(Foto halaman website dari kip-kuliah.kemdikbud.go.id)

Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) telah membuka pendaftaran KIP Kuliah.

Pendaftaran KIP Kuliah sudah dibuka sejak tanggal 12 Februari dan akan ditutup tanggal 31 Oktober 2024.

KIP Kuliah merupakan salah program pemberian biaya pendidikan di tingkat perguruan tinggi dari pemerintah kepada siswa lulusan SMA sederajat yang mempunyai potensi akademik tetapi memiliki keterbatasan ekonomi.

Para calon mahasiswa yang ingin mendaftar beberapa jalur masuk perguruan tinggi seperti SNBP, SNBT, dan jalur mandiri bisa menyertakan KIP Kuliah.

Ternyata pendaftaran KIP Kuliah waktunya hampir berbarengan dengan pendaftaran jalur masuk perguruan tinggi melalui Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP).

Diketahui bahwa pendaftaran SNBP 2024 juga sudah mulai dibuka sejak tanggal 13 Februari 2024 dan akan ditutup pada tanggal 27 Februari 2024.

Waktu pembukaan pendaftaran yang hampir bersamaan antara KIP Kuliah dengan SNBP 2024 membuat calon mahasiswa menjadi bingung mana yang harus didahulukan.

Lantas mana yang harus didahulukan, daftar KIP Kuliah atau SNBP 2024? Simak penjelasannya hingga selesai agar tidak gagal paham.

Dari unggahan Instagram @university.id pada Minggu 18 Februari 2024, baik KIP Kuliah maupun SNBP 2024 keduanya boleh.

(Foto instagram university.id melalui laman Instagram)

Namun saran dari Kemendikbud Ristek, bagi yang berencana mendaftar KIP Kuliah maka urutan pendaftaran disarankan untuk mendaftar KIP Kuliah lebih dulu baru kemudian SNBP 2024.

Tim Teknis KIP Kuliah Kemdikbud Ristek, Sony Hartono Wijaya menyampaikan bahwa calon mahasiswa sebaiknya mendaftar KIP Kuliah 2024 lebih dulu.

Jika sudah berhasil mendaftar KIP Kuliah, maka baru setelah itu bisa mendaftar SNBP 2024.

“Sebaiknya adik-adik daftar seleksi KIP Kuliah pada periode pendaftaran yang ditujukan. Jadi sebaiknya daftar sekarang,” ujar Sony Hartono dikutip dari YouTube @kemdikbydRI27.

Ia menjelaskan bahwa calon mahasiswa akan diuntungkan jika mendaftar KIP Kuliah terlebih dahulu sebelum mendaftar SNBP 2024.

Menurutnya jika mendaftar KIP Kuliah terlebih dahulu maka akan bisa memudahkan perguruan tinggi untuk memetakan calon mahasiswa yang masuk.

“Pasti perguruan tinggi akan memberikan prioritas bagi yang memilih SNBP sekarang,” kata Sony Hartono.

Berbeda dengan siswa yang mendaftar KIP Kuliah 2024 setelah dinyatakan lolos SNBP, kata dia belum bisa dipastikan apakah siswa tersebut bisa diterima sebagai penerima KIP Kuliah 2024.

“Itu tidak ada jaminan karena perguruan tinggi tidak punya pertimbangan ketika menerima adik-adik sebagai calon penerima program KIP Kuliah,” tandasnya.

Next Post Previous Post