Harga Emas Pegadaian Hari Ini Stabil Saat Emas Dunia Lesu, Selasa 27 Februari 2024

(Foto pegawai emas antam melalui laman logammulia.com)

Harga emas batangan yang dijual di PT Pegadaian cenderung stabil pada perdagangan hari ini, Selasa (27/2/2024).

Pegadaian sendiri menjual berbagai jenis emas, yaitu emas Antam, Antam Retro, dan UBS. Ukurannya pun dijual beragam, mulai dari 0,5 gram hingga 1.000 gram.

Pada perdagangan hari ini emas Antam harga 1 gram tercatat Rp1.164.000, turun Rp1.000. Emas ini tersedia mulai ukuran/satuan 0,5 gram hingga 1.000 gram.

UBS yang dikeluarkan PT Untung Bersama Sejahtera harganya Rp1.126.000 per gram. Emas UBS yang tersedia lengkap mulai ukuran 0,5 gram hingga 500 gram.

Harga emas Pegadaian bertahan saat emas dunia melemah. Pada perdagangan Senin (26/2/2024) harga emas di pasar spot ditutup melemah 0,25% di posisi US$ 2030,66 per troy ons.

Emas melemah pada perdagangan Senin karena fokus pasar beralih ke data inflasi AS yang akan dirilis pada minggu ini yang dapat mempengaruhi jadwal penurunan suku bunga The Federal Reserve (The Fed).

Indeks harga pengeluaran konsumsi pribadi (PCE) AS, ukuran inflasi konsumen AS merupakan pertimbangan utama The Fed dalam menentukan suku bunga. Data PCEakan dirilis pada Kamis waktu AS, dengan perkiraan mengalami kenaikan 0,4%(month to month/mtm).

Inflasi penting karena menjadi pertimbangan utama bagi The Fed untuk menentukan kebijakan moneternya.

Harga emas sangat sensitif terhadap pergerakan suku bunga AS. Kenaikan suku bunga AS akan membuat dolar AS dan imbal hasil US Treasury menguat.

Kondisi ini tak menguntungkan emas karena dolar yang menguat membuat emas sulit dibeli sehingga permintaan turun. Emas juga tidak menawarkan imbal hasil sehingga kenaikan imbal hasil US Treasury membuat emas kurang menarik.

Namun, suku bunga yang lebih rendah akan membuat dolar AS dan imbal hasil US Treasury melemah, sehingga dapat menurunkan opportunity cost memegang emas. Sehingga emas menjadi lebih menarik untuk dikoleksi.

Next Post Previous Post