Cek Saldo KKS Hari Ini BPNT 2024 Sudah Masuk? Cek Status KPM Disini

(Foto oleh Fendi Riandika dari iStockphoto)

Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) adalah salah satu alat pembayaran yang digunakan oleh Keluarga Penerima Manfaat (KPM) untuk mendapatkan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dari pemerintah.

BPNT adalah program bantuan sosial yang bertujuan untuk membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pangan dan sembako di tengah pandemi Covid-19.

Pada tahun 2024, pemerintah telah menaikkan nilai bantuan BPNT menjadi Rp200.000 per bulan per KPM.

Bantuan ini disalurkan melalui rekening KKS yang terdaftar di bank himbara, salah satunya adalah BNI.

Penyaluran BPNT dilakukan secara bertahap dan tidak serentak di seluruh Indonesia, tergantung pada wilayah masing-masing.

Untuk mengetahui apakah KPM sudah menerima bantuan BPNT atau belum, ada beberapa cara yang bisa dilakukan, yaitu:

Mengirim SMS ke nomor 3346 dengan format SAL (spasi) PIN. PIN adalah nomor identitas pribadi yang tertera di belakang KKS. Contoh: SAL 1234. Balasan SMS akan memberitahu saldo KKS dan status penyaluran BPNT.

Mengunjungi situs cekbansos.kemensos.go.id dan memasukkan nomor KKS dan tanggal lahir. Situs ini akan menampilkan informasi tentang status KPM, jumlah bantuan yang diterima, dan riwayat transaksi KKS.

Menghubungi call center BNI di nomor 1500046 atau mengunjungi kantor cabang BNI terdekat. Layanan ini akan memberikan informasi tentang saldo KKS dan pencairan BPNT.

Bagi KPM yang belum menerima bantuan BPNT, diharapkan untuk bersabar dan menunggu hingga akhir bulan Februari 2024.

Pemerintah mengimbau agar KPM tidak perlu khawatir karena bantuan ini akan tetap disalurkan sesuai dengan data yang valid.

Next Post Previous Post