Daftar Kriteria Ekonomi Daftar KIP Kuliah 2024 untuk SNBT

(Foto halaman website dari KIP Kuliah)

Pendaftaran KIP Kuliah 2024 atau Kartu Indonesia Pintar Kuliah untuk jalur SNBT (Seleksi Nasional Berdasarkan Tes) mulai dibuka pada 20 Maret 2024. Mahasiswa yang berasal dari kalangan keluarga kurang mampu dapat memanfaatkan KIP Kuliah 2024 ini untuk kuliah gratis dan mendapatkan bantuan biaya hidup.

Namun, pendaftaran KIP Kuliah 2024 tidak akan secara otomatis membuat mahasiswa menjadi penerima KIP Kuliah. Setiap mahasiswa yang mendaftar menggunakan KIP Kuliah akan dilakukan verifikasi dan validasi lagi oleh pihak kampus untuk memastikan mereka layak menerima bantuan KIP Kuliah 2024.”

Kriteria Ekonomi Pendaftar KIP Kuliah untuk SNBT di tahun 2024

1. Pemegang KIP/PIP aktif di kelas XII SMA/SMK/MA sederajat

2. Berasal dari keluarga penerima PKH/BPNT (sembako) / Kartu Keluarga Sejahtera (KKS).

3. Berasal dari keluarga yang terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

4. Masuk dalam kelompok masyarakat miskin maksimal pada desil 3 pada Data Pensasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (P3KE)

5. Berasal dari panti asuhan dan panti sosial

6. Berasal dari keluarga dengan penghasilan kotor gabungan orangtua/wali maksimal 4 juta atau maksimal Rp 750.000 per anggota keluarga.

Calon mahasiswa yang mendaftar KIP Kuliah bisa mendapatkan gratis biaya pendaftaran UTBK SNBT 2024. Dengan ketentuan pelamar KIP Kuliah terdata di DTKS. Itulah kriteria ekonomi pendaftar KIP Kuliah 2024 untuk SNBT yang perlu diketahui calon mahasiswa.

Calon mahasiswa yang menjadi penerima KIP Kuliah 2024 bisa mendapatkan bantuan biaya hidup dan bantuan biaya pendidikan selama masa studi. Berikut rinciannya biaya pendidikan yang bisa didapatkan mahasiswa penerima KIP Kuliah:

Pada skema KIP Kuliah, untuk program studi (prodi) berakreditasi A, mahasiswa bisa mendapatkan biaya pendidikan maksimal Rp 12 juta per semester khusus untuk prodi bidang Kedokteran dan maksimal 8 juta untuk prodi non-kedokteran.

Prodi terakreditasi B bisa mendapatkan maksimal Rp 4 juta.

Prodi terakreditasi C bisa mendapatkan maksimal Rp 2,4 juta.

Sedangkan besaran biaya hidup yang diterima mahasiswa pemegang KIP Kuliah ini dibagi ke dalam lima klaster daerah. Berikut rincian klaster KIP Kuliah per daerah.

Klaster pertama sebesar Rp 800.000 per bulan

Klaster kedua sebesar Rp 950.000

Klaster ketiga sebesar Rp 1,1 juta

Daerah klaster keempat sebesar Rp 1.250.00

Klaster kelima sebesar Rp 1.400.000.

Jadwal KIP Kuliah 2024

Pendaftaran akun siswa KIP Kuliah 2024 dibuka hampir sepanjang tahun yakni Februari hingga Desember

Pendaftaran KIP Kuliah 2024: Januari hingga Februari 2024

Pendaftaran KIP Kuliah untuk pendaftaran Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) dilakukan maksimal tanggal 27 Februari 2024

Pendaftaran KIP Kuliah untuk UTBK SNBT dilakukan maksimal tanggal 4 April 2024

Jadwal pendaftaran KIP Kuliah untuk jalur mandiri perguruan tinggi negeri dan perguruan tinggi swasta menyesesuikan rilis resmi Kemendikbud Ristek.

Next Post Previous Post