KJP Bulan Juli 2024 Gelombang 2 Kapan Cair? Ini Info Jadwal Pencairan Login Pakai NIK di kjp.jakarta.go.id

 

(Foto halaman website dari kjp.jakarta.go.id)
Berikut ini adalah informasi tentang jadwal pencairan KJP bulan Juli 2024 gelombang 2 kapan cair. Cek status penerima dengan login pakai NIK di kjp.jakarta.go.id.  Bantuan KJP Plus merupakan salah satu program Pemprov DKI Jakarta yang banyak ditunggu oleh para penerima.  

Pasalnya, banyak masyarakat khususnya di wilayah DKI Jakarta yang saat ini tengah mencari informasi seputar bantuan KJP Plus kapan cair dan disalurkan ke rekening siswa penerima. 

Setelah pencairan KJP Plus tahap 1 gelombang pertama sudah mulai dilakukan, banyak yang mempertanyakan terkait kapan gelombang 2  bantuan ini cair.  

Sebagai tambahan informasi, KJP Plus merupakan salah satu bantuan yang diperuntukkan bagi siswa yang berasal dari kalangan tidak mampu atau miskin.  

Tujuan adanya pemberian bantuan ini untuk memberikan kesempatan yang sama dalam hal pendidikan khususnya untuk para siswa di DKI Jakarta.  KJP atau singkatan dari Kartu Jakarta Pintar ini akan disalurkan secara rutin setiap bulannya untuk upaya pemenuhan kebutuhan pendidikan bagi para siswa penerima. 

Besar bantuan yang diperoleh ini tentunya berbeda di setiap jenjang pendidikan dari mulai SD hingga SMA.  Bantuan KJP Plus ini akan disalurkan lewat Bank DKI Jakarta ke rekening siswa penerima masing-masing.  Bantuan KJP Plus Tahap 1 2024 ini akan cair dalam dua gelombang. Jumlah penerima di gelombang pertama sebanyak lebih dari 460 ribu penerima. Sementara, untuk gelombang 2 akan disalurkan kepada lebih dari 130 ribu penerima. 

Kapan KJP Tahap 1 Gelombang 2 Cair?  

Pada tahap 1 gelombang pertama KJP Plus saat ini tengah disalurkan ke penerima. Melansir dari laman ANTARA News, pencairan tahap pertama gelombang kedua yang akan diterima oleh 130 ribu lebih penerima masih dalam tahap verifikasi akhir.  

Verifikasi ini dilakukan untuk memastikan bahwa penerima bantuan tersebut merupakan warga atau siswa di wilayah DKI Jakarta yang memang benar-benar berasal dari keluarga yang tidak mampu.  Diketahui bahwa pencairan KJP Plus Tahap 1 untuk gelombang 2 ini akan dituntaskan di bulan Juli 2024 ini. 

Besar bantuan KJP Plus 2024 ini adalah sebagai berikut :  

  • SD/MI : Rp 250 ribu per bulan;  
  • SMP: Rp 350 ribu per bulan;  
  • SMA : Rp 420 ribu per bulan; 
  • SMK : Rp 450 ribu per bulan; 
  • PKBM : Rp 300 ribu per bulan;  
  • LKP : Rp 1,8 juta per semester.  

Catatan pentig bahawa, biaya rutin maksimal digunakan secara tunai sebesar Rp 100 ribu di setiap bulannya. Sisa biaya rutin dan biaya berkala bisa digunakan secara non tunai oleh para peserta didik. 

Cara Cek Penerima KJP Bulan Juli 2024  

Adapun cara yang bisa dilakukan untuk cek status penerima bantuan KJP bulan Juli 2-24 gelombang 1 adalah sebagai berikut:  

  • Buka laman resmi KJP Plus di website kjp.jakarta.go.id  
  • Masukkan NIK KTP anak sekolah  Pilih tahun serta tahap penyaluran yang relevan.  
  • Klik opsi “Cek”. Setelah itu tunggu beberapa saat sampai informasi muncul.  

Demikianlah informasi tentang KJP Bulan Juli 2024 gelombang 2 kapan cair lengkap dengan cek status penerima login pakai NIK di kjp.jakarta.go.id.


Next Post Previous Post