MenPAN-RB Bocorkan Formasi Pendaftaran CPNS Terbaru Tahun 2024

(Foto oleh Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas dari Setkab.go.id)

CPNS 2024 merujuk pada seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang direncanakan akan dibuka pada tahun 2024. Proses seleksi CPNS melibatkan beberapa tahapan, termasuk seleksi administrasi, seleksi kompetensi dasar (SKD), seleksi kompetensi bidang (SKB), dan integrasi nilai.

Pendaftaran CPNS 2024 diharapkan akan dilakukan secara online melalui situs web resmi SSCASN (Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara) yang dikelola oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN). Para calon pendaftar diharapkan untuk mempersiapkan diri dengan persyaratan dan prosedur pendaftaran yang akan diumumkan secara resmi oleh pemerintah Indonesia.
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Abdullah Azwar Anas membeberkan formasi seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) dan calon Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) terbaru untuk 2024.
Hal tersebut disampaikan Menteri PAN-RB saat menggelar rapat internal yang membahas pematangan GovTech dan persiapan seleksi calon aparatur sipil negara (ASN) pada Selasa (2/1/2023).
“Rencananya, Presiden RI Joko Widodo akan mengumumkan pembukaan seleksi ASN 2024,” tulis keterangan resmi MenPAN-RB.
Menteri PAN-RB mengungkapkan pendaftaran CPNS 2024 diprioritaskan pada kebutuhan ASN dalam pelayanan dasar yakni tenaga guru dan tenaga kesehatan. Selain itu, ia juga mengatakan pemerintah juga berencana membuka rekrutmen CPNS 2024 untuk memenuhi kebutuhan sumber daya manusia (SDM) di instansi pemerintah.
“Selanjutnya berfokus pada penyelesaian permasalahan tenaga non-ASN di instansi pemerintah sesuai mandat UU No. 20/2023 tentang ASN,” tulis keterangan resminya.
Anas juga mengungkapkan pada tahun ini pemerintah membuka ruang lebih luas untuk lulusan baru atau fresh graduate dan talenta digital dalam pendaftaran CPNS Tahun 2024.
Sebelumnya, MenPAN-RB  telah memperhitungkan jumlah formasi ASN untuk CPNS dan calon PPPK tahun 2024, yakni sekitar 1,3 juta kebutuhan. 
Hal tersebut diungkapkan oleh Plh. Deputi Bidang SDM Aparatur Kementerian PANRB Aba Subagja setelah acara Rapat Koordinasi Penataan Manajemen ASN November 2023 lalu.Ia menjelaskan, kebutuhan tersebut dihitung berdasarkan sisa formasi 2023, jumlah ASN yang pensiun pada tahun 2024. Selain itu, hasil tersebut didapatkan setelah melakukan perhitungan jumlah kebutuhan riil di lapangan.
Next Post Previous Post